Breaking News:

Corona di Bali

Beberapa Desa di Nusa Penida Akan Gelar Pengabenan Masal, Satgas Minta Peserta dalam Keadaan Sehat

Satgas Covid-19  Klungkung melaksanakan monitoring pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Nusa Penida, Sabtu 12 Juni 2021 pagi.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Istimewa
Ketua Satgas Covid-19 Klungkung I Nyoman Suwirta saat mengumpulkan seluruh perbekel di Kecamatan Nusa Penida, Sabtu (12/6) 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Satgas Covid-19  Klungkung melaksanakan monitoring pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Nusa Penida, Sabtu 12 Juni 2021 pagi.

Satgas juga sempat mengumpulkan perbekel se-Kecamatan Nusa Penida, untuk memberikan imbauan dan teknis terkait prokes (protokol kesehatan).

Mengingat beberapa desa di Nusa Penida akan menggelar upacara pengabenan.

Dalam beberapa bulan mendatang, beberapa desa di Kecamatan Nusa Penida mengkonfirmasi akan melaksanakan upacara pengabenan massal.

Baca juga: Polda Bali Distribusikan 28.260 Dosis Vaksin Covid-19, Jangkau Masyarakat Lebih Luas

Guna mencegah klaster upacara yadnya, Satgas Covid-19 mengingatkan para perbekel untuk menerapkan protokol kesehatan ketat saat upacara berlangsung.

Pengetatan prokes tidak semata-mata menggunakan masker dengan benar, namun juga memastikan setiap peserta yang terlibat langsung dalam upacara nantinya harus dalam keadaan sehat.

" Nanti panitia pengabenan masal dan perbekel saya minta aktif memantau masyarakatnya, terutama penerapan protokol kesehatan."

"Misal menggenakan masker saat upacara, dan memastikan semua peserta yang terlibat langsung dalam upacara pengabenan masal dalam kondisi sehat," ujar Ketua Satgas Covid-19 Klungkung, I Nyoman Suwirta saat mengmpulkan perbekel se-Kecamatan Nusa Penida, Sabtu 12 Juni 2021.

Baca juga: Soal Swab Test Gratis Bagi Calon PMI Bali, Disnaker Sebut Hanya Fasilitasi Vaksinasi Covid-19

Suwirta juga menugaskan Dinas Kesehatan agar dalam pelaksanaan vaksinasi dapat melakukan koordinasi dengan pihak perangkat desa setempat.

Setiap desa yang akan melaksanakan ngaben masal, juga diharapkan cakupan vaksinasinya sudah tinggi.

" Walaupun nanti masyarakat sudah divaksin, pastikan juga  prokes tetap terlaksana dengan ketat. Bagaimana nanti pengabenan masal terlaksana dengan lancar, dan masyarakat tetap sehat," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Apresiasi Bali Dalam Pengendalian Covid-19, Dinilai Lebih Baik 

Berdasarkan data Satgas Covid-19, Kecamatan Nusa Penida menjadi satu-satunya wilayah di Klungkung yang semua desanya masuk dalam zona risiko hijau penularan Covid-19.

Atau sudah tidak ada lagi masyarakatnya yang terkonfirmasi Covid-19. (*)

Berita lainnya di Corona di Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved