Breaking News:

Teori Kebocoran Covid-19 di Lab Wuhan China Dibahas Dalam KTT G7, WHO Sebut China Belum Transparan

Dr Tedros mengatakan bahwa China belum bekerja sama sepenuhnya dengan bagian pertama penyelidikan internasional tentang asal mula wabah

Pexels
Ilustrasi Covid-19 - Teori Kebocoran Virus Covid-19 di Lab Wuhan China Dibahas Dalam KTT G7 

TRIBUN-BALI.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan teori bocornya Covid-19 dari laboratorium Wuhan China dibahas para pemimpin dunia pada KTT G7 di Cornwall, Sabtu 12 Juni 2021.

Melansir Independent, Dr Tedros mengatakan bahwa China belum bekerja sama sepenuhnya dengan bagian pertama penyelidikan internasional tentang asal mula wabah.

Ia juga meminta Beijing untuk meningkatkan transparansi demi "menghormati" para korban penyakit tersebut.

Ada kontroversi yang berkembang mengenai penyebab wabah yang dimulai di kota Wuhan di China pada akhir 2019, dengan meningkatnya tantangan terhadap teori dominan yang menyalahkan "pasar basah" di mana hewan liar dijual untuk dikonsumsi.

Baca juga: Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Sampai Juni 2021 Sudah Melampaui Total Tahun 2020

China membantah anggapan bahwa pandemi pembunuh itu bisa dipicu oleh kebocoran virus buatan manusia dari laboratorium penelitian keamanan tinggi di kota itu.

Berbicara melalui tautan video ke KTT G7 di Cornwall, Dr Tedros menyebut tidak ada cukup "transparansi dan kerja sama" dari China pada tahap awal penyelidikan.

Dr Tedros mengatakan bahwa teori kebocoran laboratorium dibahas pada sesi kesehatan KTT G7 di mana para pemimpin diberi pengarahan tentang inisiatif global baru untuk menghentikan transfer penyakit yang dibawa hewan ke populasi manusia di masa depan sebelum berkembang menjadi pandemi.

"Itu dimunculkan, dan kami membahas asal-usulnya," kata kepala WHO itu.

Dia menambahkan lebih dari 176 juta orang telah dikonfirmasi positif Covid-19, dan ini sebenarnya di bawah perkiraan, bisa lebih.

Sejauh ini hampir 3,8 juta orang telah meninggal.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved