Breaking News:

Gerakan Makan Buah untuk Penaggulangan Anemia, Poltekkes Denpasar Gelar Pengabdian Masyarakat

Gerakan Bersama Makan Buah Untuk Penaggulangan Anemia, Poltekkes Denpasar Pengabdian Masyarakat

Editor: Widyartha Suryawan
Dok. Istimewa
Pengabdian masyarakat oleh Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar di Desa Pejeng Kawan, Tampaksiring, Gianyar, Jumat 11 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM - Indonesia  mengalami empat masalah kekurangan gizi meliputi kurang energI protein, kurang vitamin A, gangguan akibat kekurangan iodium dan anemia gizi gisi.

Khusus masalah anemia gizi besi “satu dari tiga orang remaja putri menderita anemia” .

Demikian dikatakan oleh Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Denpasar Ibu Ni Made Dewantari, SKM., M.For, selaku pengabdi utama dalam penyelenggaraan pengabdian masyarakat di Desa Pejeng Kawan, Tampaksiring, Gianyar, Jumat 11 Juni 2021.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa hasil riset kesehatan dasar menunjukkan 97% remaja kurang mengkonsumsi sayur dan buah.

Oleh karena itu, pengabdian masyarakat tersebut mengangkat  tema “Gerakan makan buah bersama sebagai upaya mendukung penanggulangan Anemia Rematri di wilayah kerja UPT Kesmas Tampaksiring II.

Sasaran peserta  60 orang remaja putri tersebut dibuka oleh Perbekel Desa Pejeng Kawan, Putu Menaka Hendra Setiawan, S. STP., MAP.

Dalam sambutannya, Perbekel menyambut gembira kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya remaja putri dan menyampaikan pesan agar remaja putri tidak membenarkan yang biasa, tetapi biasakanlah yang benar.

Kegiatan awal berlangsung selama dua hari dengan tetap mengikuti protokol kesehatan dengan pemeriksaan suhu tubuh, dan  peserta dibagi masing-masing 30 orang perhari.

Setiap peserta diberikan seperangkat alat meliputi face shield, masker, hand sanitizer, leaflet dan alat tulis.

Setelah diberikan pembekalan materi tentang anemia, setiap peserta diukur kadar Hb darahnya oleh nakes bidan Pustu setempat, tinggi badan, berat badan dan lingkar lengan atas oleh mahasiswa dan PLP Poltekkes Denpasar.

Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan gerakan makan buah bersama dan tablet tambah darah.

Secara keseluruhan kegiatan akan berlangsung selama delapan minggu dimana akan dilakukan pemberian paket buah dan tablet tambah darah setiap minggu. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved