Breaking News:

Tips Sehat untuk Anda

Sering Digunakan Setiap Hari oleh Kaum Hawa, Kenali Bahaya Kosmetik Bagi Kesehatan Kulit

kaum hawa hampir setiap hari menggunakan kosmetik ataupun produk-produk kecantikan lainnya.

Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Pexels
Ilustrasi wajah - Sering Digunakan Setiap Hari oleh Kaum Hawa, Kenali Bahaya Kosmetik Bagi Kesehatan Kulit 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Penggunaan kosmetik khusunya untuk perempuan tentunya sudah menjadi hal yang biasa.

Biasanya kaum hawa hampir setiap hari menggunakan kosmetik ataupun produk-produk kecantikan lainnya.

Namun apakah para wanita tahu, selain membuat cantik dan glowing, ternyata kosmetik paling aman pun memiliki resiko terhadap kesehatan kulit.

Hal tersebut dikemukakan oleh, Dokter Spesialis Kulit Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, dr. Ni Luh Putu Ratih Vebriyanti, Sp.KK, (K) pada Senin 14 Juni 2021.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Bawang Merah Buat Kecantikan Kulit Anda, Bikin Kulit Makin Glowing!

"Meskipun penggunaannya sudah banyak dan mendapat sertifikasi alami, namun penggunaan kosmetik yang tidak tepat juga bisa berdampak pada kesehatan. Mungkin dampaknya tidak langsung, namun jika digunakan dalam rentan waktu lama, akan membawa dampak bagi kesehatan," ungkapnya.

Lebih lanjutnya ia juga mengatakan, bahwa ada beberapa dampak penggunaan kosmetik terhadap kesehatan, seperti gangguan hormon ini bisa terjadi jika kosmetik yang digunakan mengandung asbestos atau talcum powder dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormonal.

Hal tersebut juga bisa menjadi penyebab kasus penuaan dini, penggunaan kosmetik dalam jangka panjang dapat membuat kulit lebih keriput sebelum waktunya.

Bahkan beberapa penyakit yang bisa timbul karena penggunaan kosmetik antara lain anemia, kanker, intoleransi gula, dan masalah pernafasan.

"Selain itu, penggunaan kosmetik juga bisa beresiko terkena infeksi bakteri, karena penggunaan pada daerah mata dapat membahayakan kondisi mata karena infeksi bakteri. Bahkan lebih buruk lagi, bisa menyebabkan kebutaan," paparnya.

Dan kondisi lain yang ditimbulkan adalah alergi, karena kondisi kulit yang terlalu sensitif dan pemakaian kosmetik yang berlebihan pun dapat menyebabkan alergi.

Berbagai dampak dari penggunaan kosmetik di atas juga dapat Anda hindari dengan mengonsumsi suplemen untuk kulit seperti H2 Fair Skin.

Kandungan Collactive yang merupakan perpaduan dari collagen dan elastin oligopeptida dapat memperbaiki kelenturan kulit, hidrasi kulit, serta melawan radikal bebas.

"Selain memberikan perlindungan khusus bagi kulit, H2 Fair Skin juga menutrisi kulit dan memperbaiki kondisi kulit yang terlanjur rusak akibat penggunaan kosmetik yang tidak cocok maupun penuaan dini," tutupnya. (*).

Baca juga: Selain Gatal, Berikut Tanda-Tanda Kulit yang Sensitif

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved