Breaking News:

PON XX Papua

Jelang PON XX di Papua, Dermaga dan Fasilitas Pelabuhan Pomako Alami Perbaikan

Menjelang diberlangsungkannya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Pomako Timika, Papua

Editor: M. Firdian Sani
TribunPapua.com/stevanus remere
VENUE PON XX - KUPP Kelas II Pomako Timika, Papua memperbaiki sejumlah fasilitas untuk siap menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2-15 Oktober 2021. 

TRIBUN-BALI.COM - Menjelang diberlangsungkannya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Pomako Timika, Papua mengadakan berbagai persiapan.

Salah satunya ialah dengan memperbaiki sejumlah fasilitas, seperti KUPP seperti dermaga dan lainnya.

Seperti yang diketahui bersama, Pekan Olahraga Nasional (PON) XX akan dihelat pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Kepala KUPP Pomako Husni Anwar Tianotak kepada ANTARA di Timika, Kamis (17 Juni 2021), mengatakan, perbaikan dermaga Pelabuhan Pomako itu sudah mencapai sekitar 60 persen dan diharapkan segera rampung sekitar bulan Juli hingga Agustus mendatang.

"Kami melakukan beberapa perbaikan dermaga untuk sisi laut yaitu dermaga Unit I dan II A. Sementara perbaikan dermaga Unit II B sudah dilakukan tahun lalu," jelas Husni.

Ia menyebutkan fasilitas yang membutuhkan perhatian serius untuk segera diperbaiki yaitu sisi darat Pelabuhan Pomako seperti jalan masuk dari gapura hingga dermaga dengan panjang lebih dari 100 meter.

Time Trial Jadi Ajang Evaluasi, PRSI Bali Target Tiga Emas di PON XX Papua

Kondisi jalan masuk menuju dermaga Pelabuhan Pomako itu dilaporkan mengalami kerusakan cukup berat karena aspalnya sudah hancur dan berlubang.

Selain itu, sarana penerangan berupa lampu listrik di sekitar kawasan Pelabuhan Pomako juga dinilai butuh perhatian serius lantaran banyak yang sudah rusak dan tidak berfungsi.

Husni mengatakan kendala terbesar dalam upaya mengembangkan fasilitas Pelabuhan Pomako Timika selama ini yaitu masalah status lahan yang belum jelas lantaran masih ada saling klaim antara Pemkab Mimika dengan salah satu pengusaha di Kota Timika.

"Kami sebetulnya sangat membutuhkan dukungan penuh dari Pemkab Mimika terkait status lahan kawasan Pelabuhan Pomako yang sampai sekarang belum ada kejelasan. Karena status lahan yang belum jelas itulah yang mengakibatkan pekerjaan-pekerjaan untuk pembangunan dermaga dan pengembangan Pelabuhan Pomako tidak bisa dilakukan sampai sekarang ini," ujarnya.

PRSI Bali Gelar Time Trial Atlet Menuju PON XX Papua, Putri Suastini Koster Hadir Beri Suport

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved