Breaking News:

Dua Anggota Polisi Tersangka Penembak Pengawal Rizieq Shihab Tak Dipecat, Masih Masuk Kantor

Dua Anggota Polisi Tersangka Penembak Pengawal Rizieq Shihab Tak Dipecat, Masih Masuk Kantor

Editor: Aloisius H Manggol
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar via Kompas.com
Sejumlah anggota tim penyidik Bareskrim Polri memperagakan adegan saat rekonstruksi kasus penembakan enam anggota laskar FPI di Karawang, Jawa Barat, Senin, 14 Desember 2020 dini hari. Rekonstruksi tersebut memperagakan 58 adegan kasus penembakan enam anggota laskar FPI di tol Jakarta - Cikampek KM 50 pada Senin, 7 Desember 2020 di empat titik kejadian perkara. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Seperti diketahui dua tersangka yang diduga menembak laskar pengawal Rizieq Shihab masih berstatus anggota Polri.

Kasus keduanya akan segera memasuki tahap persidangan.

Ada tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka yaitu, EPZ, FR dan MYO.

Namun, EPZ tidak dilanjutkan prosesnya karena yang bersangkutan meninggal dunia.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan kedua anggota Polda Metro Jaya itu masih belum diberhentikan dari jajaran korps Bhayangkara.

"Anggota tersebut bahasanya itu bukan tidak bertugas atau dibebastugaskan. Nanti ada asumsi dia udah diberhentikan. Jadi saya katakan anggota tersebut masih menjadi anggota Polri," kata Ahmad kepada wartawan, Minggu (20/6/2021).

Sejauh ini, kata Ahmad, kedua tersangka juga masih aktif berkegiatan ke Polda Metro Jaya setiap harinya.

Namun, dia tak mengetahui apakah keduanya masih aktif bekerja atau tidak.

"Dia sebagai anggota Polri ya mungkin masih ada kewajiban untuk ke kantor gitu, cuma saya tidak tahu dia di kantor sebagai apa, apakah wajib lapor atau apa. Tapi yang jelas anggota tersebut masih sebagai anggota Polri," jelasnya.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan status keanggotaan kedua penembak laskar pengawal Rizieq Shihab itu masih melekat hingga ada keputusan hukum yang berkekuatan tetap.

"Kita nunggu aja keputusannya gimana. Tentunya ada pertimbangan dong kalau dia mendapat keputusan vonis, itu ada pertimbangan nanti akan kita lihat putusannya," ujarnya.

Bareskrim Polri juga telah melimpahkan berkas perkara perbaikan kedua tersangka FR dan MYO kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Nantinya jika dinyatakan lengkap, kedua tersangka bakal diproses hukum di persidangan.

Dalam kasus ini, tersangka FR dan MYO yang disangka melanggar Pasal 338 KUHP Jo Pasal 56 KUHP tentang tindak pidana pembunuhan.

Artikel terkait telah tayang di Tribunnews dengan judul Dua Tersangka Penembak Laskar Pengawal Rizieq Masih Berstatus Anggota Polri

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved