Breaking News:

Berita Ekonomi

Izin Usaha Dicabut, Dua BPR di Bali Belum Selesaikan Likuidasi

Menurut Sekertaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Dimas Yuliharto saat ini ada dua BPR di Bali yang proses likuidasinya belum selesai, yakni BPR

Penulis: Karsiani Putri | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
hai.grid.id
Ilustrasi Uang - Izin Usaha Dicabut, Dua BPR di Bali Belum Selesaikan Likuidasi 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Menurut Sekertaris Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Dimas Yuliharto saat ini ada dua BPR di Bali yang proses likuidasinya belum selesai, yakni BPR Legian yang dicabut izin usahanya (CIU) pada 21 Juni 2019 lalu dan BPR Sewu yang di-CIU pada 2 Maret 2021 lalu. 

Menurutnya, berdasarkan data, LPS harus menyelesaikan sebanyak 5.244 rekening nasabah BPR Legian yang layak bayar dan 2.503 rekening nasabah BPR Sewu yang layak bayar. 

Sedangkan rekening nasabah yang tidak layak bayar sebanyak 154 rekening nasabah BPR Legian dan 3 rekening nasabah BPR Sewu.

Baca juga: Webinar Empowering Women: Dukungan BPR Lestari bagi Wanita Indonesia

"Belum terselesaikan karena BPR Sewu masih baru, sedangkan BPR Legian memiliki aset yang besar sehingga kita perlu waktu untuk mencairkan asetnya," paparnya. 

Sementara itu, Kadiv Humas LPS, Haydin Haritzon menjelaskan bahwa sejak beroperasi pada 2005 lalu, LPS telah melakukan likuidasi 113 BPR dan 1 bank umum. 

Lalu, dari 113 bank tersebut, LPS juga telah membayarkan klaim penjaminan simpanan Rp 1,6 triliun hingga tahun 2020.

Baca juga: LPS Siapkan Pembayaran Klaim Simpanan Nasabah dan Likuidasi BPR Sewu Bali

Sementara untuk di Bali sendiri hingga kini terdapat 7 BPR yang dilikuidasi dan LPS telah membayarkan klaim jaminan simpanan mencapai kurang lebih Rp 126 miliar untuk 16 ribu rekening. 

Menurutnya, dalam menyelesaikan kasus likuidasi di BPR, LPS sendiri memerlukan waktu 20 bulan sampai dengan 24 bulan. 

Dimas Yuliharto juga menjelaskan bahwa LPS memastikan akan menjamin simpanan nasabah maksimal Rp2 Miliar apabila bank mengalami masalah dan juga dilikuidasi LPS serta untuk itu masyarakat agar tidak ragu menabung di bank.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved