Breaking News:

Berita Bali

Berikut Ketersediaan Stok BOR di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Bali Pasca Kasus Positif Naik

Melonjaknya kasus positif Covid-19 di Provinsi Bali membuat beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 menambah ruang isolasinya

Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
pixabay.com
Ilustrasi Rumah Sakit (RS) - Berikut Ketersediaan Stok BOR di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Bali Pasca Kasus Positif Naik 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Melonjaknya kasus positif Covid-19 di Provinsi Bali membuat beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 menambah ruang isolasinya yang sebelumnya sempat dikurangi.

Salah satunya yakni pada RSUP Sanglah Denpasar yang menambah beberapa buah bed hingga jumlah ketersediaan bed saat ini mencapai 140 bed.

Dan saat ini RSUP Sanglah masih merawat pasien Covid-19 berjumlah 32 orang.

Jika nanti ketersediaan BOR capai 60 persen, pihaknya akan menambahkan jumlah bed kembali.

Baca juga: Muncul Kasus Covid-19 Klaster Pekerja Konstruksi di Denpasar, BOR RSUD Wangaya Naik Drastis

"Saat ini pasien 32 dari 140 beds. Saat ini BOR masih 22 persen, kebijakannya saat BOR mendekati 60 persen, bed tambahan mulai ditambahkan,"ungkap Kasubag Humas RSUP Sanglah, Dewa Ketut Kresna, ketika dikonfirmasi Tribun Bali, Rabu 23 Juni 2021.

Awalnya jumlah bed yang tersedia sempat berada di angka 202 bed, lalu dikarenakan jumlah kasus menurun bed dikurangi dan saat ini sudah bertambah menjadi 140 bed.

"Untuk saat ini 140 bed, awalnya 202 bed karena kasus menurun maka bed dikembalikan merawat pasien non isolasi. Kalau kasus meningkat maka bisa jadi dikembalikan lagi ruang isolasi menjadi 202 bed," tambahnya.

Sama halnya dengan RSUP Sanglah, RSUD Bali Mandara yang juga menjadi salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 mengatakan masih ada ketersediaan bed untuk pasien Covid-19.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasubag Umum dan Humas RSUD Bali Mandara, I Gusti Agung Putu Aditya Mahendra.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak Tinggi di Semua Provinsi Pulau Jawa, BOR Jakarta di Atas 75 Persen

"Kalau untuk ketersediaan masih di 80 persen. Kalau ada peningkatan kasus akan menambah isolasi. Kita sempat buka ruang isolasi tambahan karena kasus menurun kita tutup dan tidak difungsikan. Dan sekarang karena ada peningkatan kasus lagi masih tercover dengan ruang isolasi yang ada," kata Adit.

Adit pun berikan data rincian ruangan isolasi yang dimiliki RSUD Bali Mandara, yakni jumlah bed 106 TT.

Dengan rincian, Ruang ICU Covid dengan Ventilator 6 TT, Ruang ICU Covid tanpa Ventilator 5 TT, Ruang Isolasi (Jepun, Cempaka, Sandat, Nicu, Transit ) 92 TT, Ruang IGD Covid 2 TT, Ruang VK Iso 1 TT. (*)

Kumpulan Artikel Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved