Breaking News:

Berita Karangasem

Kemenhub Akan Lakukan Studi Kelayakan di Dermaga Tanah Ampo untuk Pastikan Ada Tidaknya Sedimentasi

Kepala Kesyahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai, Luh Putu Eka Suyasmin, mengatakan, studi kelayakan sedimentasi rencananya dilakukan

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Saiful Rohim
Kondisi Dermaga Cruise Tanah Ampo, Kecamatan Manggis saat pengerjaan tahap ke II tahun 2019. Warga terlihat bekerja untuk membangun breakwater. 

TRIBUN-BALI.COM,  AMLAPURA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana melaksanakaan studi kelayakan sedimentasi di Dermaga Cruise Tanah Ampo, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Studi ini untuk memastikan ada atau tidaknya sedimentasi setelah dilakukan pembangunan lanjutan.

Kepala Kesyahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai, Luh Putu Eka Suyasmin, mengatakan, studi kelayakan sedimentasi rencananya dilakukan tahun 2021.

Tujuannya untuk memastikan tak ada sedimentasi di Dermaga Cruise. Sehingga pengerjaannya bisa segera dilakukan pemerintah.

Baca juga: Tiga Rumah Warga di Banjar Kampung Sindu Karangasem Rusak Terkena Banjir

"Studi kelayakan dilakukan 2021. Setelah studi kelayakan baru pemerintah bisa mengambil keputusan apakah dermaga akan dilanjutkan pembangunannya atau seperti apa. Mengingat dermaga cruise belum tuntas pembangunannya," kata Putu Eka Suyasmin, Kamis 24 Juni 2021 siang.

KSOP Padang Bai mengatakan butuh dana sekitar Rp 35 miliar untuk menuntaskan proyek pembangunan Dermaga Cruise di Tanah Ampo.

Estimasi anggaran yang dibutuhkan meliputi pengerjaan fisik, dan pengawasan supervisi. Seperti pembangunan ponton, breakwater, pengawasan dari supervisi, dan utilities.

Ditambahkan, KSOP Pelabuhan Padang Bai telah usulkan kekurangan ke Kementerian Perhubungan, tapi tak di ACC.

Pihaknya berharap kekurangan bisa direalisasikan.

"Tahun 2020 dan 2021 tak ada alokasi anggaran untuk penyelesaian. Katanya tahun  2020  fokus ke Dermaga Sanur," jelas Suyasmin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved