Breaking News:

Dosen ITB STIKOM Bali Ciptakan Inovasi Pembelajaran Daring, Berlandaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sebagai kampus Information Technology (IT) pertama di Bali – Nusa Tenggara dan terbaik nomor dua di Indonesia kategori perguruan tinggi swasta bidang

Editor: M. Firdian Sani
Istimewa
Ketua tim pengabdian masyarakat ITB STIKOM Bali, Dedy Panji Agustino menyerahkan hasil inovasi pembelaran daring kepada wakil kepala sekolah SMK TI Bali Global Jimbaran. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebagai kampus Information Technology (IT) pertama di Bali – Nusa Tenggara dan terbaik nomor dua di Indonesia kategori perguruan tinggi swasta bidang IT, Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali atau ITB STIKOM Bali berkomitmen penuh membantu meningkatkan kemampuan masyarakat di bidang teknologi informasi dan berimpact bagi Indonesia, khususnya pulau Bali.

Salah satu komitmen tersebut diwujudkan melalui pengabdian masyarakat sebagai implementasi salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan program wajib bagi perguruan tinggi di Indonesia.

Seperti dilakukan empat dosen ITB STIKOM Bali yaitu Dedy Panji Agustino, S.Kom., MMSI, I Gede Harsemadi, S.Kom., MT., Ni Putu Putri Ayu Wijayanthi, S.Kom., MM., Gede Indra Raditya Martha, S.TI., M.Kom serta dibantu dua orang mahasiswanya, yakni Adam Ilhami Putra Setiadi dan I Gusti Ayu Amalia Aryanti, melaksanakan pengabdian masyarakat di sebuah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Badung, Bali.

Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan menggunakan dana hibah dari ITB STIKOM Bali.

Tiga Dosen ITB STIKOM Bali Implementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Oke Juice Bali

Sebagai mitra kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah SMK TI Bali Global Jimbaran yang merupakan sekolah menengah vokasi di bidang Teknoloogi Informasi dan Perhotelan.

“Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 ini membuat berbagai sektor dalam kehidupan manusia menjadi terganggu dan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Termasuk dalam hal pendidikan, Pandemi Covid-19 telah membuat terhentinya seluruh kegiatan belajar mengajar di semua instansi pendidikan termasuk di Indonesia. Hal ini menjadi tantangan yang sangat besar bagi seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan untuk mencari jalan keluar agar proses belajar mengajar tetap dilakukan secara optimal dalam situasi pandemi ini,” jelas Dedy Panji Agustino di Denpasar, sebagai ketua tim pengabdian masyarakat ini.

Berbagai masalah muncul diantaranya adalah keterbatasan pengetahuan dan kecakapan penggunaan teknologi informasi khususnya internet oleh para guru dan siswa dalam menerapkan belajar daring melalui berbagai aplikasi yang ada, hingga keterbatasan koneksi internet yang dimiliki oleh mereka.

Gede Harsemadi menambahkan, media pembelajaran digital interaktif dapat menjadi salah satu solusi untuk permasalah tersebut.

Ayo Kuliah di ITB STIKOM Bali, Sarjana TI Jadi Primadona di Era New Normal

Materi ajar akan dikemas kedalam sebuah media digital interaktif yang dapat diakses dan dipelajari oleh para siswa secara mandiri, dengan tetap mengedepankan unsur-unsur pemenuhan pengetahuan dan juga evaluasi dalam kegiatan belajar mengajarnya.

Selama kurang lebih enam bulan proses pengabdian masyarakat, Panji Agustino beserta tim membantu secara langsung (luring) maupun daring (online) di SMK TI Global Jimbaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved