Breaking News:

Berita Klungkung

Polres dan Pemkab Klungkung Kembali Lepas Liarkan Tukik, Pelestari Penyu Harapkan Hal Ini

Kesekian kalinya jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Polres Klungkung menggelar kegiatan pelepasan tukik

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Karsiani Putri
Eka Mita Suputra
Kondisi pendederan penyu yang sangat sederhana di pesisir Pantai Watu Klotok, Klungkung, Jumat 25 Juni 2021 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Kesekian kalinya jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Polres Klungkung menggelar kegiatan pelepasan tukik di Pantai Watu Klotok, Klungkung, Jumat 25 Juni 2021.

Kehadiran para pejabat itu, juga dijadikan kesempatan kesekian kalinya bagi Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK) untuk memohon bantuan penangkaran penyu yang memadai.

Pagi itu  jajaran Polres Klungkung bersama dengan Wabup Made Kasta melepas sekitar 250 tukik ke habitatnya, serangkaian Hari Bhayangkara ke 75.

Kegiatan itu dihadiri Kapolres Klungkung AKBP, I Made Dhanuardana dan Wabup Klungkung, I Made Kasta.

"Melalui kegitan ini saya mengajak kepada masyarakat yang bermukim di pesisir pantai, khususnya adik-adik kita  sebagai penerus agar bersama-sama menjaga dengan cara melestariakan penyu,” ungkap Kapolres Klungkung AKBP I Made Dhanuardana, Jumat 25 Juni 2021.

Kegiatan itu menjadi kesempatan bagi Kelompok Pelestari Penyu Watu Klotok (KPPWK) untuk memohon bantuan penangkaran penyu yang memadai.

Sebenarnya usulan bantuan ini sudah sejak lama dan berkali-kali disampaikan warga ke Pemkab Klungkung, hanya saja sampai saat ini belum teralisasi.

Seorang anggota pelestari penyu di Watu Klotok, Wayan Gede Swibawa menjelaskan dalam upaya konservasi penyu sangat perlu upaya penangkaran.

Sehingga nantinya  tidak semua tukik dilepas liarkan namun, ada beberapa ditangkarkan khusus untuk keperluan yadnya. 

"Kalau kondisi saat ini, penangkaran kami seadanya. Walau seperti ini, tekad kami tetap untuk pelestarian penyu di Watu Klotok," ungkap Gede Swibawa.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved