Breaking News:

Berita Buleleng

Perbekel di Buleleng Keluhkan Anggaran di Desa Banyak Digeser untuk Penanganan Covid-19

Ketut Suka mengatakan, selama pandemi ini, para perbekel mengalami kesulitan untuk mengelola keuangan desa.

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani | Editor: Wema Satya Dinata
hai.grid.id
Ilustrasi Uang - Perbekel di Buleleng Keluhkan Anggaran di Desa Banyak Digeser untuk Penanganan Covid-19 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Akibat pandemi Covid-19, hampir seluruh perbekel di Buleleng tidak bisa menjalankan program yang sudah disepakati saat Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) di tingkat desa.

Hal ini terjadi lantaran Anggaran Belanja Pemerintah Desa (ABPDes) diprioritaskan untuk penanganan Covid-19.

Ketua Forum Komunikasi Perbekel dan Lurah (FKPL) Buleleng yang juga sebagai Perbekel Kalibukbuk, Ketut Suka mengatakan, selama pandemi ini, para perbekel mengalami kesulitan untuk mengelola keuangan desa.

Padahal sebelumnya, program kerja sudah disusun, salah satunya untuk pembangunan jalan.

Baca juga: Buleleng Diguncang Gempa Tektonik Bermagnitudo 3,4

Namun pemerintah pusat kemudian menginstruksikan agar dana desa digeser untuk penanganan Covid-19 seperti penyiapan Pos PPKM, dan penyaluran BLT-DD.

"Pemerintah pusat mengeluarkan regulasi terkait perubahan tidak satu atau dua kali. Sehingga program yang sudah disusun untuk satu tahun, terganggu akibat kebijakan-kebijakan ini.

Kami juga sulit menyampaikan ke masyarakat, karena program yang sudah disiapkan dan di-setting untuk satu tahun batal direalisasikan.

Banyak dana yang harus diberikan untuk kegiatan penanganan Covid," terangnya seusai menghadiri Workshop Hasil Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa, di Gedung Mr I Gusti Ketut Pudja, Selasa 29 Juni 2021.

Kendati banyak program yang tidak bisa direalisasikan, Ketut Suka juga mengapresiasi kebijakan  pemerintah pusat, sehingga dana desa bisa cepat diterima melalui kas desa, tanpa harus ke kas daerah.

Sementara Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Bali, Tri Budhianto mengatakan, tahun ini dana desa memang harus diprioritaskan untuk penanggulangan Covid-19.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved