Breaking News:

Berita Klungkung

BMPS Minta Pemda Awasi PPDB, Pastikan Sekolah Negeri Tidak Menerima Siswa Baru Melebihi Kuota

BMPS meminta Sekolah Negeri untuk menepati komitmennya, yakni tidak menerima siswa baru melebihi kuota yang terlah ditentukan sebelumnya

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Karsiani Putri
Istimewa
Ketua BMPS Klungkung, I Ketut Mandia 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) meminta Sekolah Negeri untuk menepati komitmennya, yakni tidak menerima siswa baru melebihi kuota yang terlah ditentukan sebelumnya.

BACA JUGA: 89 Kendaraan Parkir di Bandara Ngurah Rai Tak Diambil Pemilik, Biaya Parkir Capai Rp42 Juta

BMPS merupakan  sebuah badan musyawarah nirlaba yang diperuntukan bagi musyawarah perguruan Sekolah Swasta.

Ketua BMPS Klungkung, I Ketut Mandia menjelaskan, Pemprov Bali diharapkan melakukan pengawasan secara ketat terhadap PPDB di jenjang SMA di Klungkung, Bali.

Jika tidak ada pengawasan, dirinya mengkhawatrikan PPDB  akan diwarnai banyak persoalan, salah satunya ketidak sesuaian jumlah siswa yang masuk dengan daya tampung sekolah.

"Pemerintah harus aktif awasi PPDB. Pastikan Sekolah Negeri agar menerima siswa sesuai kuota, tidak ada Sekolah Negeri menerima siswa baru melebihi kuota," ungkap Ketut Mandia, Jumat 2 Juli 2021.

Menurutnya sikap Pemerintah terhadap Sekolah Swasta harus jelas, yakni menjadikan sekolah swasta sebagai mitra, ikut memajukan dunia pendidikan di Bali.

"Saya kira Sekolah Swasta kualitasnya juga tidak jauh beda dengan Sekolah Negeri. Bagi siswa yang tidak diterima di sekolah negeri, agar melanjutkan ke Sekolah Swasta," tegasnya.

Menurutnya perlu ada edukasi ke masyarakat bahwa pengakuan mutu sebuah sekolah adalah dari akreditasi, bukanlah pada status negeri atau swasta.

Ia mengingatkan Pemerintah agar terus melakukan pembinaan kepada sekolah-sekolah swasta yang ada. 

"Mari kurangi jargon sekolah gratis, namun yang lebih tepat sekolah berkualitas," ungkap Ketut Mandia. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved