Breaking News:

Penumpang Pesawat Masuk Bali Mulai Besok Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin Covid-19

Bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk Bali melalui moda transportasi udara selain menyertakan surat keterangan hasil negatif tes swab

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: M. Firdian Sani
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana kepadatan penumpang yang diwajibkan melakukan tes swab berbasis PCR di kedatangan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk Bali melalui moda transportasi udara selain menyertakan surat keterangan hasil negatif tes swab berbasis PCR, dan juga wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19. 

"Sesuai Surat Edaran Gubernur Bali No. 09 Tahun 2021 yang keluar sore ini tadi, dimana Surat Edaran itu merupakan turunan dari Instruksi Menteri Dalam Negeri No 15 tahun 2021 tercantum mengenai persyaratan perjalanan dalam negeri. Dan sesuai surat itu penumpang yang datang ke Bali wajib PCR dan wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, Jumat 2 Juli 2021.

Tetapi untuk calon penumpang keberangkatan domestik dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali itu, Taufan menyampaikan mereka menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 mulai hari Senin tanggal 5 Juli 2021.

Hal tersebut merupakan kesepakatan dari Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali bersama Angkasa Pura I (Persero), Kantor Otoritas Bandara Wilayah IV dan KKP Kelas I Denpasar.

Penumpang Membeludak Tes PCR di Terminal Kedatangan Bandara Ngurah Rai, AP I akan Lakukan Evaluasi

"Untuk keberangkatan dari Bali menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 nya akan ada masa sosialisasi selama 3 hari terlebih dahulu (2-4 Juli 2021). Kemudian baru tanggal 5 Juli 2021 mulai efektif diberlakukan penumpang yang meninggalkan Bali wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama," jelasnya.

Sehingga mulai 5 Juli 2021 sudah wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan wajib PCR untuk perjalanan keluar Bali menuju Pulau Jawa.

"Sebelum hari Senin penumpang keberangkatan dari Bali masih bisa tanpa menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19, karena memang menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 itu baru efektif berlaku Senin 5 Juli 2021 khusus untuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali," imbuhnya.

Dan ketika mulai besok berlaku masuk Bali melalui transportasi udara wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi Covid-19 dan PCR, seandainya ada penumpang yang belum melakukan vaksinasi maka dari pihak Lanud I Gusti Ngurah Rai akan memfasilitasinya.

Penumpang Pesawat Wajib Tunjukkan Surat Vaksin Corona, Pengelola Bandara di Bali Tunggu Surat Edaran

Untuk tanggal 5 Juli 2021 mendatang, kami Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali bekerjasama dengan seluruh stakeholder Bandara akan menyediakan fasilitas layanan vaksinasi Covid-19.

Calon penumpang yang ingin mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebelum berangkat meninggalkan Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, cukup membawa tiket penerbangannya, KTP atau kartu identitas lainnya  dan nomor telepon yang aktif.

"Rencana layanan vaksinasi Covid-19 ini akan dilakukan di dekat kantor KKP atau koridor penghubung terminal domestik menuju terminal internasional," kata Taufan. (*)

Ikuti berita terkini Tribun Bali
 

 
  

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved