Breaking News:

Berita Bali

Mata Air Banyumala Dipasang Pompa Hidram, Pangdam IX/Udayana: Ini untuk Kepentingan Masyarakat

Kepala Desa dan Tokoh Adat Desa Sukadana menyampaikan bahwa selama ini untuk mendapatkan air bersih dari sungai dan Danau Buyan, masyarakat Desa

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Wema Satya Dinata
istimewa kiriman Pendam IX/Udayana
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, ketika berdialog dengan Kepala Desa dan tokoh Adat Desa Wanagiri pada saat melakukan pengecekan pembangunan dan pemasangan Pompa Hidram di Mata Air Banyumala, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Senin 12 Juli 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, SINGARAJA - Memahami kesulitan masyarakat terkait akses air bersih yang dialami oleh warga Desa Wanagiri, Kodam IX/Udayana berinisiatif mengambil langkah untuk membantu kesulitan masyarakat terhadap akses air bersih.

Hal ini dilakukan bukan hanya di Desa Wanagiri ini saja, namun di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana.

Hal ini diungkapkan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, ketika berdialog dengan Kepala Desa dan tokoh Adat Desa Wanagiri pada saat melakukan pengecekan pembangunan dan pemasangan Pompa Hidram di Mata Air Banyumala, Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Senin 12 Juli 2021.

Pada saat berdialog, Kepala Desa dan Tokoh Adat Desa Sukadana menyampaikan bahwa selama ini untuk mendapatkan air bersih dari sungai dan Danau Buyan, masyarakat Desa Sukadana membutuhkan usaha yang cukup keras dan biaya yang besar guna mengalirkan dan membawa air bersih hingga sampai ke rumah-rumah warga.

Baca juga: Pangdam IX/Udayana Kenalkan 3 Pejabat Utama Kodam IX/Udayana yang Baru, Dituntut Beri Warna Positif

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Pangdam IX/Udayana menyampaikan bahwa saat ini air bersih yang dikonsumsi dari danau maupun sungai sudah tidak seperti dahulu dikarenakan sekarang pencemaran air sangat marak terjadi

Jangan sampai generasi penerus mengalami gangguan kesehatan karena sering mengkonsumsi air yang tidak bersih.

"Maka, saya perintahkan kepada Dandim agar berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait seperti PDAM, Kehutanan maupun bagian Konservasi Hutan Lindung dalam membantu mensukseskan program Pompa Hidram untuk kepentingan masyarakat," tegas Mayjen TNI Maruli.

Selanjutnya, Pangdam mengatakan bahwa kegiatan ini bersinergi dengan PUPR, CSR dan Perorangan maupun secara swadaya Kodam IX/Udayana dan jajaran guna menyediakan dan mengembangkan Pompa Hidram untuk mengatasi kesulitan masyarakat sekitar dalam memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat yang berada di wilayah Provinsi Bali, NTT dan NTB.

Adapun proses pembuatan pompa Hidram, meliputi penyambungan pipa air menuju bak transit, pembuatan bak transit, penyambungan pipa galvanis dari bak transit menuju pompa, pemasangan pipa, penyambungan pipa HDPE dari pompa menuju bak penampungan serta pembuatan bak penampungan yang kemudian ditujukan kepada masyarakat.

Hadir mendampingi Pangdam dalam pengecekan pembangunan dan pemasangan pompa hidram tersebut antara lain Aslog Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Dandenmadam IX/Udayana, Kainfolahtadam IX/Udayana, Wakapendam IX/Udayana, Dandeninteldam IX/Udayana dan Dandim 1609/Buleleng.(*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved