Breaking News:

Berita Tabanan

Syarat Pemotongan Hewan Qurban untuk Idul Adha, Tim Gabungan Akan Lakukan Sidak ke Tempat Pemotongan

Dinas Pertanian Tabanan telah mengirimkan surat terkait tata cara penyembelihan hewan qurban kepada seluruh UPT Kesehatan Hewan di Tabanan

Penulis: I Made Prasetia Aryawan | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Ilustrasi - Pemotongan hewan kurban di Sekretariat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Provinsi Bali di Jalan Padang Griya II Nomor 1, Padangsambian, Denpasar, Jum'at (31/7/2020) pagi 

TRIBUN-BALI.COM, TABANANDinas Pertanian Tabanan telah mengirimkan surat terkait tata cara penyembelihan hewan qurban kepada seluruh UPT Kesehatan Hewan di Tabanan di masa pandemi.

Salah satu cara yang harus dipatuhi oleh masyarakat yang akan melakukan pemotongan hewan serangkaian Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 adalah melakukan prokes yang ketat jangan sampai menimbulkan kerumunan.

Tim gabungan juga akan melakukan sidak ke tempat-tempat pemotongan hewan di seluruh wilayah untuk melakukan pengawasan prokes dan Kesehatan hewan yang akan dipotong.

Baca juga: Akan Roboh, Tribun Barat Lapangan Dangin Carik Tabanan Mulai Diperbaiki

Menurut informasi yang diperoleh dari Dinas Pertanian Tabanan, pihaknya melanjutkan surat edaran dari pemerintah Provinsi Bali ke semua kecamatan yang ada di Tabanan.

Secara umum, isi dari surat edaran tersebut menyangkut tentang cara pelaksanaan pemotongan hewan qurban di tengah pandemi terutama di masa PPKM Darurat Jawa-Bali ini.

Di antaranya, menyediakan sarana protokol kesehatan, melakukan screening awal di tempat pemotongan hewan, melakukan jaga jarak fisik untuk hindari kerumunan, dan pastikan membersihkan diri (mandi) setelah melakukan pemotongan hewan kurban tersebut.

Baca juga: Harga Sapi di Karangasem Meningkat Jelang Hari Raya Idul Adha, Banyak Permintaan dari Jawa

Kepala Dinas Pertanian Tabanan, I Nyoman Budana mengatakan, pihaknya telah menyebarkan surat mengenai tata cara atau mekanisme untuk pelaksanaan pemotongan hewan kurban menjelang perayaan Hari Idul Adha tahun ini ke semua UPT Kesehatan Hewan yang ada di Tabanan.

“Kita sudah kirim semua surat ke kecamatan atau UPT yang ada terkait tata cara pemotongan hewan di masa pandemi ini apalagi sedang diterapkannya PPKM Darurat ini,” jelas Budana saat dikonfirmasi, Selasa 13 Juli 2021.

Budana melanjutkan, beberapa poin penting yang harus dilaksanakan saat pemotongan hewan adalah terkait protokol kesehatan.

Misalnya menjaga jarak, artinya saat melakukan pemotongan hewan harus membatasi jumlah peserta di lokasi tersebut untuk meminimalisasi kerumunan.

Baca juga: Salat Idul Adha di Lapangan Terbuka atau Masjid Ditiadakan, Menag Terbitkan Panduan

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved