Breaking News:

Berita Gianyar

Soal Usulan Dewan Gianyar Tinjau PPKM Darurat. Bupati Minta Sebaiknya Langsung Bersurat ke Pusat

ia meminta agar Dewan bersurat ke pemerintah pusat. Sebab PPKM darurat merupakan perintah yang wajib dilakukan pemerintah daerah.

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Suasana pertokoan di Kota Gianyar yang kini tutup karena PPKM darurat. Foto diambil Kamis 15 Juli 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Usulan Fraksi Indonesia Raya (FIR) DPRD Gianyar, yang di dalamnya berisi Partai Gerindra dan PKPI, terkait pemerintah pusat agar meninjau PPKM darurat, dan meminta aktivitas usaha masyarakat kembali dibuka dengan penerapan protokol kesehatan, direspons oleh Bupati Gianyar, Made Mahayastra, Kamis 15 Juli 2021.

Dimana ketika ditanyakan, apakah pihaknya akan menindaklanjuti usulan Dewan agar aktivitas usaha masyarakat dibuka, ia meminta agar Dewan bersurat ke pemerintah pusat. Sebab PPKM darurat merupakan perintah yang wajib dilakukan pemerintah daerah.

"Suruh saja dewannya bikin surat langsung ke pusat dan ke gubernur. (PPKM darurat) ini sudah perintah yang wajib dilaksanakan oleh semua bupati dan walikota. Tidak lagi bisa menambah dan mengurangi aturan yang ada di inmendagri tersebut. Tugas kita hanya bekerja," ujarnya.

Ketua Fraksi Indonesia Raya DPRD Gianyar, Ngakan Ketut Putra saat dikonfirmasi tentang usulan bupati membuat surat ke pemerintah pusat dan Gubernur Bali, ia belum bisa memberikan tanggapan karena sedang ada urusan.

Baca juga: Sejumlah Pejabat di Pemkab Gianyar Positif Covid-19, Sekda: Belum ada Klaster di OPD

"Mohon maaf, sementara belum bisa memberikan tanggapan, sedang ada urusan. Nanti saya telepon lagi," ujarnya.

Sebelumnya, Fraksi Indonesia Raya (FIR) DPRD Gianyar, meminta Pemerintah Pusat meninjau pemberlakuan PPKM darurat di Kabupaten Gianyar, dan Bali pada umumnya.

Pasalnya, aturan penutupan usaha dan penyekatan aktivitas masyarakat, justru membuat situasi semakin sulit.

Dimana sebelum PPKM darurat diterapkan, situasi covid-19 di Gianyar telah bisa ditekan.

Ketua FIR DPRD Gianyar, Ngakan Ketut Putra,  Rabu 14 Juli 2021 mengungkapkan, angka pasien covid-19 di Kabupaten Gianyar, telah bisa ditekan.

Dimana per April 2021, dari 79 bed pasien covid-19 di RSUD Sanjiwani, jumlah pasien hanya sebanyak 9 orang yang terkonfirmasi covid-19, dan empat pasien dalam status suspect.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved