Breaking News:

Corona di Indonesia

Isolasi Mandiri di Rumah? Hindari Mengonsumsi 6 Jenis Obat Ini Tanpa Anjuran Dokter

Jika saat ini Anda sedang isolasi mandiri di rumah, sebagai pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) ataupun bergejala ringan, ketahui beberapa obat yang

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Pexels
Ilustrasi virus corona di di Indonesia. Dalam artikel ini membahas 6 jenis obat yang harus dihindari pasien Covid-19 saat isolasi mandiri di rumah. 

TRIBUN-BALI.COM – Jika saat ini Anda sedang isolasi mandiri di rumah, sebagai pasien Covid-19 tanpa gejala (OTG) ataupun bergejala ringan, ketahui beberapa obat yang harus dihindari untuk dikonsumsi tanpa petunjuk dokter.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Indonesia menyatakan, dalam keadaan apapun saat sakit, instruksi tenaga kesehatan harus diikuti pasien dengan tepat. 

Hindari mengonsumsi obat tanpa basis bukti ilmiah, dan hanya karena pernah mendengarnya dari omongan tetangga, netizen di media sosial, ataupun broadcast di grup-grup WhatsApp.

"Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan obat lain tanpa anjuran dari tenaga kesehatan," tegas WHO Indonesia seperti dikutip Kompas.com melalui akun Instagram resminya @whoindonesia.

Berikut jenis obat yang harus dihindari pasien Covid-19 saat isolasi mandiri di rumah.

1. Antibiotik tanpa resep dokter

Para ahli dan juga WHO menegaskan agar masyarakat terutama psien Covid-19 tidak asal mengonsumsi obat-obatan yang hanya diketahui berdasarkan cerita-cerita yang menyebar luas di media sosial tanpa diketahui benar dan tidaknya, salah satunya antibiotik.

"Jangan melakukan pengobatan sendiri dengan antibiotik. Covid-19 disebabkan oleh virus. Antibiotik tidak berdampak pada virus," jelas WHO.

Dokter akan meresepkan antibiotik hanya jika pasien Covid-19 memiliki gejala yang disebabkan infeksi bakteri, dan itu butuh analisis yang pasti oleh dokter.

Baca juga: Anda Harus Tahu, Inilah Gejala Covid Varian Delta dan Gejala Umum Virus Corona

2. Hidroksiklorokuin

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved