Breaking News:

Berita Denpasar

Penjualan Hewan Kurban di Denpasar Turun Capai 50 Persen, Harga Kambing Cenderung Tinggi

Kurang dari 5 hari penjualan hewan kurban seperti kambing dan sapi di bazar hewan kurban yang diadakan oleh Panitia Hari Besar Islam Mushalla Nurul

Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Suasana di bazar hewan kurban yang diadakan oleh Panitia Hari Besar Islam Mushalla Nurul Iman Padang Udayana Denpasar. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Hari Raya Idul Adha telah ditetapkan oleh Pemerintah jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang namun penjualan hewan kurban masih lesu.

Kurang dari 5 hari penjualan hewan kurban seperti kambing dan sapi di bazar hewan kurban yang diadakan oleh Panitia Hari Besar Islam Mushalla Nurul Iman Padang Udayana Denpasar baru terjual 50 ekor.

"Sebelum pandemi Covid-19 ini kita dekat hari raya bisa menjual 100 ekor lebih, sekarang ini baru 50 ekor padahal tinggal beberapa hari lagi atau turun sampai 50 persen kurang lebih," ujar Sekretaris Panitia Hari Besar Islam Mushalla Nurul Iman Padang Udayana, M. Imroni, Jumat 16 Juli 2021.

Baca juga: Idul Adha 2021: JADWAL dan Niat Puasa Dzulhijjah, Tarwiyah dan Arafah, Disertai Tulisan Arab & Latin

Hal ini menurutnya mungkin diakibatkan kondisi ekonomi yang sulit saat pandemi sehingga daya beli masyarakat juga turun, dan mungkin lebih banyak mereka menyedekahkan rejekinya kepada yang terdampak.

Penjualan hewan kurban pada hari raya Idul Adha tahun lalu juga kondisinya hampir sama dengan tahun ini, tapi jika dibandingkan sebelum pandemi Covid-19 itu jauh sekali.

"Tahun ini mungkin masih bisa menjual total sampai 100 ekor kambing dan sapi. Pembeli dari luar Denpasar juga ada seperti dari Sempidi. Tapi pembeli hewan kurban sapi lebih banyak sekarang," imbuh Imroni.

Baca juga: Tercatat Menurun, Penjualan Sapi di Pasar Beringkit Jelang Idul Adha Tercatat Hanya 50 Persen

Di mana pihaknya menyediakan hewan sapi sebanyak 15 ekor tetapi sudah terjual sebanyak 13 ekor, sehingga hanya sisa 2 ekor sapi yang dijual disini.

Untuk harga jual kambing saat ini tinggi atau lebih mahal dibandingkan sebelumnya, sementara untuk sapi cenderung stabil.

"Harga jual kambing lebih tinggi, sapi malah lebih stabil. Seperti harga kambing yang Rp2,5juta itu sekarang Rp2,8juta saat kita ambil dari peternak harganya naik semua," tambahnya.

Pihaknya pun menyediakan layanan antar hewan kurban ke tujuan dengan gratis atau tidak ada biaya tambahan antar.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Pemkab Jembrana Gelontorkan Dana Rp180 Juta Dalam Bentuk Hewan Qurban

Saat ini bazar hewan kurban yang diadakan oleh Panitia Hari Besar Islam Mushalla Nurul Iman Padang Udayana menyediakan hewan kurban sebanyak 100 ekor, 15 ekor sapi dan 85 ekor kambing dari berbagai grade.

Harga jual untuk kambing dimulai dari Rp2,6juta sampai Rp4,5juta, sementara untuk sapi mulai dari Rp16juta sampai Rp21juta.

Bazar hewan kurban yang ada di Jl. Mahendradatta, Padangsambian, Denpasar ini diadakan mulai tanggal 12 Juli 2021 lalu dan akan berakhir pada H+1 hari raya Idul Adha mendatang atau tanggal 21 Juli 2021.(*)

Berita lainnya di Berita Denpasar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved