Breaking News:

Berita Denpasar

Dinas Pertanian Kota Denpasar Melaksanakan Pengecekan Hewan Kurban, Terjunkan 22 Personil Tim

Dinas Pertanian Bidang Kesehatan Hewan Kota Denpasar melaksanakan pengecekan kesehatan hewan kurban pada Senin 19 Juli 2021

Penulis: Putu Supartika | Editor: Karsiani Putri
Dok. Dinas Pertanian Kota Denpasar
Suasana pengecekan kesehatan hewan di beberapa titik penjualan hewan kurban di Kota Denpasar, Bali beberapa waktu lalu 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Dinas Pertanian Bidang Kesehatan Hewan Kota Denpasar melaksanakan pengecekan kesehatan hewan kurban pada Senin 19 Juli 2021.

Hal ini digelar untuk memastikan kesehatan hewan saat pelaksanaan kurban Idul Adha.

BACA JUGA: Pemuda Karangasem Gelar Aksi Solidaritas Dengan Berbagi Makanan Gratis Ditengah PPKM Darurat

“Kami ingin memastikan daging kurban yang dibagikan sehat dan aman dikonsumsi. Kami sasar beberapa titik penjualan hewan kurban di Kota Denpasar,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Made Ngurah Sugiri.

Untuk melakukan pengecekan ini pihaknya menerjunkan 22 personil tim kesehatan hewan.

Pengecekan ini tersebar di 135 Masjid dan Mushola untuk melaksanakan pemeriksaan ante mortem atau sebelum disembelih dan post mortem atau sesudah disembelih.

“Hari ini kami mulai bergerak untuk melaksanakan pengecekan kesehatan ante mortem, sehingga dapat dipastikan hewan kurban yang akan disembelih sehat dan layak dikonsumsi, untuk pemeriksaan post mortem kita lanjut besok usai disembelih atau pemotongan,” katanya.

Sugiri menambahkan dalam pelaksanaan Idul Adha tahun ini pihaknya mengimbau umat Muslim yang hendak melaksanakan penyembelihan hewan kurban agar menerapkan protokol kesehatan.

Hal ini lantaran perayaan Idul Adha tahun ini masih dalam penerapan PPKM Darurat Jawa Bali serta mempedomani Se Dirjen PKH Nomor 8017 Tahun 2021 dan Permentan Nomor 114 Tahun 2014.

Pihaknya juga mengimbau semua pihak agar selalu meningkatkan koordinasi, informasi dan edukasi agar pengolahan daging dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan sanitasi yang ada.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved