Breaking News:

Berita Gianyar

Hindari Kerumunan, Selama PPKM Disdukcapil Gianyar Batasi Layanan

Dalam masa PPKM Darurat Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gianyar, Bali melakukan pembatasan masyarakat

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/Eri Gunarta
Suasana antrean di Kantor Disdukcapil Gianyar, Selasa (10/9/2019). Sebelum diterapkan sistem online, biasanya membludak jumlah masyarakat yang mengantre. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Dalam masa PPKM Darurat Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gianyar, Bali melakukan pembatasan masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan (Adminduk), guna menghindari adanya kerumunan.

Karena itu, capil saat ini lebih mengutamakan masyarakat yang mendesak untuk kepentingan kesehatan, pendidikan dan lainnya yang bersifat mendesak.

Kepala Disdukcapil Gianyar, Gede Bayangkara, Senin 19 Juli 2021 mengatakan, dalam masa PPKM Darurat Covid-19, pihaknya tetap melaksanakan pelayanan secara langsung atau tatap muka, namun sifatnya terbatas.

Baca juga: Lampu Penerang Jalan di Gianyar Mulai Dipadamkan. Kadishub: Memang Dilematis

Adapun jenis pelayanan langsung ini, meliputi perekaman e-KTP, serta dokumen kependudukan yang sifatnya urgent atau penting.

"Seperti untuk keperluan akses kesehatan, pendidikan dan sebagainya yang bersifat penting," ujar Bayangkara.

Sementara untuk mengantisipasi kerumunan, Bayangkara melakukan pembatasan jumlah pendaftar, yakni hanya 100 orang, dari sebelumnya yang mencapai 300 orang per hari.

"Dalam rangka mencegah kerumunan yang berpotensi penyebaran covid-19, maka jumlah pelayanan langsung dibatasi sebanyak 100 orang per hari dengan menggunakan nomer antrean," ujarnya.

Baca juga: Soal Usulan Dewan Gianyar Tinjau PPKM Darurat, Bupati Minta Sebaiknya Langsung Bersurat ke Pusat

Dia memastikan, setiap pelayanan tatap muka ini, telah sesuai dengan protokol kesehatan kesehatan secara ketat.

Karena itu, setiap masyarakat yang datang, wajib memastikan kondisi dalan keadaan sehat sebelum berangkat ke Disdukcapil Gianyar.

Selalu menggunakan masker, mulai dari rumah, saat tiba di Disdukcapil hingga pulang ke rumah.

"Apabila tidak menggunakan masker maka tidak akan kami layani," tandasnya.

Baca juga: Sejumlah Pejabat di Pemkab Gianyar Positif Covid-19, Sekda: Belum ada Klaster di OPD

Selain itu, sebelum mendapatkan pelayanan, terlebih dahulu mencuci tangan degan air mengalir, dan  protokol kesehatan lainnya. 

Sementara untuk masyarakat yang tidak mendapat nomer antrean, pihaknya tetap melayani secara online.

"Kami juga melayani daring, keperluannya bisa dikomunikasikan via WhatsApp ke nomer 081 237 920 448. Tapi untuk perekaman pelayanan KTP dan dokumen lainnya yang didaftarkan berdasarkan keputusan pengadilan, seperti akta perceraian, perubahan nama, wajib datang ke Disdukcapil," tandasnya. (*)

Berita lainnya di Berita Gianyar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved