Breaking News:

Berita Gianyar

Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al-A'la Gianyar Berjalan Khidmat di Tengah Ketatnya Prokes Covid-19

Sholat Idul Adha (Ied) umat Islam di wilayah Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Bali dilaksanakan di Masjid Agung Al-A'la, Selasa 20 Juli 2021.

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Sholat Idul Adha (Ied) umat Islam di wilayah Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Bali dilaksanakan di Masjid Agung Al-A'la, Selasa 20 Juli 2021 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sholat Idul Adha (Ied) umat Islam di wilayah Kecamatan/Kabupaten Gianyar, Bali dilaksanakan di Masjid Agung Al-A'la, Selasa 20 Juli 2021.

Selama pelaksanaan, kegiatan  mengikuti prosedur protokol kesehatan Covid-19.

Meski di tengah keterbatasan, umat yang hadir tetap bisa melakukan kegiatan dengan khusyuk.

Hari suci Idhul Adha di Masjid Agung Al-A'la dimulai pukul 06.00 wita sampai pukul 07.30 Wita.

Baca juga: Dampak Pandemi, Jumlah Qurban Kambing di Masjid Agung Al-Ala Gianyar Menurun

Sholat Ied ini diikuti kurang lebih 630 orang jemaat, dan sebagian dihimbau untuk melaksanakan Sholat Ied di rumah masing-masing untuk menghindari penyebaran virus Covid 19

Kegiatan Sholat Ied tersebut dari pihak pengurus Masjid Agung Al'Alla telah menerapkan protokol kesehatan seperti membatasi kehadiran jemaah, mengecek suhu tubuh para jemaah dengan alat termogun, mewajibkan jemaah untuk mencuci tangan pada tempat cuci tangan yang telah disediakan, melakukan penyemprotan hand sanitizer pada tangan, menerapkan sosial distancing dan physical distancing, mewajibkan para jemaah untuk menggunakan masker, serta memberikan masker kepada para Jemaah.

Sebagai Khotib Ust.Agus Ariyanto,  Iman Ust. Edi Susanto, sementara Bilal & Murroqi, H.Abdul Malik.

Baca juga: Hindari Kerumunan, Selama PPKM Disdukcapil Gianyar Batasi Layanan

Sebelum pelaksanaan sholat Ied, personil keamanan yang bertugas melaksanakan yustisi dengan mengedukasi atau memberikan himbuan tentang prokes covid-19, yakni menerapkan 5M.

Setelah itu, kegiatan diawali dengan Sholat Ied dan dilanjutkan dengan Khotbah. Dalam khotbahnya, Ustad Agus Ariyanto selaku khotib mengajak seluruh jamaah untuk selalu bertaqwa kepada Allah dan jangan sampai meninggal dalam keadaan tidak bertaqwa kepada Allah.

Iapun mengingatkan pada jemaat, bahwa ibadah kurban berawal dari perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya yaitu Nabi Ismail, dan ketika Nabi Ibrahim menyampaikan perintah itu kepada Nabi Ismail maka Nabi Ismail  menjawab, "Wahai ayah lakukanlah perintah Allah dan semoga  ayah menjadi orang yang ikhlas dan sabar, di mana keikhlasan dan kesabaran menjadi kunci ketaqwaan kepada Allah," ujarnya.

Baca juga: Kejari Gianyar Musnahkan Ribuan Barang Bukti Narkotika

Kata Ustad Agus, sejak itu diperintahkanlah kepada umat Islam untuk berkurban dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan  kepada Allah.

"Dalam situasi pandemi  seperti ini, janganlah kita bersikap berlebihan tetapi bersabar dan bertaqwalah kepada Allah dengan senantiasa tetap berusaha agar kita tetap dalam lindungan Allah, karena pada dasarnya semua ini adalah ujian dari Allah," tandasnya.

Terkait hewan kurban, jumlah hewan kurban yang dipotong sebanyak 13  ekor sapi dan 21 ekor kambing, serta sedekah  Rp5.510.000. Sementara, jumlah penerima daging kurban sebanyak 2400 orang. (*)

Berita lainnya di Idul Adha 2021

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved