Breaking News:

Sponsored Content

Berharap Covid-19 Segera Usai, Pemkot Denpasar Gelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem

Pemkot Denpasar menggelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Segara Mertasari

Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Humas Pemkot Denpasar
Pelaksanaan Upacara Peneduh, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Segara Mertasari Sanur bertepatan dengan rahina Sukra Kliwon Wuku Bala, Jumat 23 Juli 2021 - Berharap Covid-19 Segera Usai, Pemkot Denpasar Gelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemkot Denpasar menggelar Upacara Peneduh Jagat, Pamlehpeh dan Mapekelem di Pantai Segara Mertasari, Sanur, Bali, bertepatan dengan rahina Sukra Kliwon Wuku Bala, Jumat 23 Juli 2021.

Upacara ini dilaksanakan sebagai upaya mendukung penanganan pandemi Covid-19 secara niskala.

Sehingga diharapkan Covid-19 atau gering agung ini dapat segera usai.

Rangkaian upacara diawali dengan ngaturang banten pemlehpeh dan pecaruan, dilanjutkan dengan persembahyangan bersama dan mulang pakelem di tengah laut.

Baca juga: Pemkot Denpasar Gadeng IDI dan FK Unud Gelar Konseling Pasien Isoman, Jaya Negara: Berikan Edukasi

Seluruh rangkaian acara di puput Ida Pedanda Gede Putra Sari Arimbawa dari Griya Sari, Tegal Denpasar.

Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dan Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede ikut serta mulang pakelem di tengah laut.

Tampak hadir Kapolresta Denpasar, Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, Dandim 1611 Badung, Kolonel Inf. I Made Alit Yudana, Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya, Bendesa Madya MDA Kota Denpasar, AA Ketut Sudiana serta jajaran Desa Adat Sanur.

Kordinator Upacara, Cokorda Wisnu Wardhana mengatakan, upacara Paneduh, Pamlehpeh lan Mulang Pakelem yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dipersembahkan kepada Sang Hyang Druwa Rsi.

Hal ini dimuat dalam Lontar Roga Sanggara Bumi yang berkaitan dengan keberadaan Sasap Merana Gering Agung Covid-19.

“Upacara ini untuk menetralisir kekuatan negatif yang dilaksanakan di tiga tempat, yakni Giri Bali di Pura Pangubengan Besakih, selanjutnya di Pengulun Setra di Pura Prajapati Desa Adat Denpasar, dan di Penepining Segara di Pantai Mertasari Sanur yang didahului dengan banten Pecaruan dan Guru Bendu Piduka,” ujarnya.

Baca juga: Periksa 100 Saksi, Termasuk Pejabat, Kejari Dalami Dugaan Korupsi Dana BKK Pemkot Denpasar

Cok Wisnu berharap, dengan pelaksanaan upacara paneduh, pamlehpeh dan mulang pakelem ini diharapkan mampu menetralisir merana gering agung atau Covid-19 yang mewabah saat ini.

“Semoga gering agung Covid-19 yang sedang mewabah saat ini dapat segara teratasi dan segera usai, semoga kita sehat selalu dan selalu dalam lindungan Tuhan,” harapnya. (Ags/HumasDps).

Kumpulan Artikel Denpasar

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved