Breaking News:

Berita Bangli

Jalur Pendakian Gunung Batur Masih Ditutup, BKSDA Wilayah II Bali: Mereka Termasuk Ilegal

Musibah terpelesetnya dua orang pendaki di Gunung Batur, Kintamani pada Sabtu 31 Juli 2021 telah didengar oleh pihak BKSDA

Penulis: Muhammad Fredey Mercury | Editor: Karsiani Putri
Istimewa
Pemasangan spanduk penutupan di jalur pendakian pada Maret 2020 lalu 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Musibah terpelesetnya dua orang pendaki di Gunung Batur, Kintamani pada Sabtu 31 Juli 2021 telah didengar oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah II Bali.

Pihak BKSDA menyebut pendaki yang melakukan pendakian termasuk ilegal, mengingat hingga kini jalur pendakian belum dibuka.

BACA JUGA: Sebanyak 10.991 Nakes di Denpasar Akan Mendapat Vaksinasi Dosis Ketiga Jenis Moderna 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Bali di Gianyar, Sulistyo Widodo mengatakan, jalur pendakian sejatinya masih tutup sejak tahun 2020.

Sulis mengaku sudah mensosialisasikan di media sosial (medsos), membuat spanduk, dan sebagainya ihwal tutupnya jalur pendakian.

Pihaknya menyebut dua pendaki itu masuk secara illegal.

“Yang namanya illegal itu biasanya ya begitulah, masuk nyuri-nyuri. Tapi ada petugas kita disana untuk monitoring dan jaga,” ujarnya saat dikonfirmasi Minggu 1 Agustus 2021.

Kendati ada petugas yang berjaga, Sulis tak menampik masih ada potensi pendaki yang lolos dari pengawasan petugas.

Sebab jalur pendakian di Gunung Batur cenderung banyak sehingga menyulitkan pengawasan petugas.

“Itu yang membuat kita kesulitan. Cuma kita selalu mensosialisasikan kesadaran pada pengunjung mohon ditaati, apalagi sedang kondisi seperti ini (PPKM, red). Mohon untuk dipatuhi bersama, ini untuk keselamatan bersama juga. Karena jika ada apa-apa, seperti musibah kemarin, kan beresiko. Tidak hanya merepotkan diri sendiri namun, juga petugas dan seluruh pihak terkait,” jelasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved