Berita Bali

Banyak Kantor & Tempat Usaha Belum Pasang Bendera Jelang HUT Kemerdekaan, Ini Kata Kasatpol PP Bali

Biasanya berbagai bendera kebangsaan merah-putih mulai dikibarkan di berbagai sudut-sudut baik di desa maupun kota.

Penulis: Ragil Armando | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Ragil Armando
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Menjelang perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus biasanya disambut gegap gempita oleh masyarakat di berbagai daerah, termasuk Bali.

Biasanya berbagai bendera kebangsaan merah-putih mulai dikibarkan di berbagai sudut-sudut baik di desa maupun kota.

Namun, di masa pandemi Covid-19 kondisi gegap gempita tersebut tidak begitu terasa.

Bahkan, berbagai sudut-sudut, termasuk perkantoran baik negeri maupun swasta, dan juga tempat usaha tampak belum memasang bendera merah-putih.

Baca juga: Satpol PP Bali Akui Sulit Awasi Dine in 30 Menit, Gung Putri: Waktunya Kurang

Padahal, Pemerintah Provinsi Bali melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Dewa Made Indra, telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) NOMOR: B.46.003/17239/APOTDA/B.PEM.KESRA, tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021.

Dalam Surat Edaran tertanggal 28 Juni 2021 itu, Sekda Dewa Indra berharap seluruh masyarakat Bali turut serta menyemarakkan dengan memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak di lingkungan masing-masing mulai tanggal 1 sampai 31 Agustus 2021.

Dalam SE tersebut juga menegaskan agar masyarakat atau lingkungan perkantoran memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho atau hiasan lainnya, secara serentak sejak tanggal 1 Juli hingga 31 Agustus 2021.

Selain itu, guna menjaga kondusifitas dimasa pandemi maka dalam hal menyelenggarakan program, kegiatan, campaign, dilakukan secara daring maupun luring untuk menyemarakkan Bulan Kemerdekaan.

Terkait dengan fenomena banyaknya perkantoran maupun tempat usaha yang belum menyemarakkan peringatan kemerdekaan tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bali mengambil tindakan tegas.

Bahkan, Kasatpol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Dharmadi menegaskan jika pihaknya telah turun langsung sidak ke lapangan untuk mensosialisasikan peraturan tersebut dan mengingatkan kepada perkantoran dan para pelaku usaha tersebut.

"Kami telah turun dan mengingatkan mereka untuk segera memasang bendera dalam rangka memperingati HUT RI. Saya harap mereka menjadi contoh bagi masyarakat," jelas dia Senin 2 Agustus 2021.

Dewa Dharmadi menjelaskan bahwa dari hasil sidaknya tersebut para pelaku usaha dan perkantoran tersebut memiliki berbagai macam alasan belum mengibarkan bendera merah-putih.

Ada yang mengaku lupa, belum sempat memasang dan alasan klasik lainnya.

Pemasangan bendera dalam merayakan HUT RI  itu pun rutinitas tahunan, sehingga tidaklah sulit untuk dilakukan.

Baca juga: Satpol PP Bali Akui Kesulitan Awasi Aturan Makan di Tempat 30 Menit, Atensi Keberadaan Coffee Shop

Pihaknya juga telah mencatat beberapa perkantoran yang belum memasang bendera, baik negeri maupun swasta, dan juga tempat usaha.

"Sebenarnya itu tidaklah sulit. Untuk itu saya harap perkantoran dan tempat- tempat usaha terlebih dahulu memasang bendera," imbuhnya. (*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved