Berita Tabanan

Vaksinasi Tahap II Massal di Desa Mulai Digenjot, Nakes Direncanakan Jalani Vaksinasi Tahap III

Pelaksanaan vaksinasi massal tahap II di tiap Desa mulai dilaksanakan di Kabupaten Tabanan, Senin 2 Agustus.

Tribun Bali/Rizal Fanany
ILUSTRASI 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN- Pelaksanaan vaksinasi massal tahap II di tiap Desa mulai dilaksanakan di Kabupaten Tabanan, Senin 2 Agustus.

Vaksinasi massal tahap II di Tabanan dimulai di Desa Gunung Salak, Selemadeg Timur dengan target sasaran sebanyak 890 orang di empat pos yang telah disediakan.

Setelah Selemadeg Timur, pelaksanaan vaksinasi massal ini akan dilanjutkan ke Desa Kukuh, Kecamatan Marga.

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi massal tahap II di Desa Gunung Salak , Selemadeg Timur sudah dilakukan dan sudah berjalan dengan baik.

Total ada ratusan masyarakat yang menjalani vaksinasi tahap II ini.

“Di Gunung Salak ini sudah selesai dilakukan, memang ada beberapa yang ditunda karena panas tetapi, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Data detailnya  belum saya terima. Yang tertunda nanti akan dilayani di Puskesmas terdekat,” ungkap dr Suratmika pada Senin 2 Agustus 2021.

Setelah desa Gunung Salak, kata dia, akan dilanjutkan di Desa Kukuh, Marga mulai Selasa 3 Agustus 2021 dan Rabu 4 Agustus 2021.

Target sasaran vaksinasi tahap II di Desa Kukuh, Marga sebanyak 3.025 orang karena jumlah masyarakat yang akan melakukan vaksinasi cukup banyak, sehingga dibutuhkan waktu hingga dua hari.

Pelayanan vaksinasi akan dilakukan di empat pos.

“Besok dan Rabu akan dilakukan vaksinasi massal tahap II di desa Kukuh, Marga dan nanti dilanjutkan di Desa Dauh Peken,” katanya.

Booster untuk Nakes Segera Dilaksanakan

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika mengatakan, Tabanan telah mendapat vaksin jenis Moderna untuk pelaksanaan vaksinasi tahap III kepada tenaga kesehatan ( nakes) yang menangani pasien Covid-19 di Tabanan.

Hanya saja, jumlah pastinya belum diketahui namun diperkirakan sekitar 3.400 dosis sesuai target sasaran.

“Kalau sasaran Nakes untuk sebanyak 3.400, tapi saat vaksinasi dulu termasuk tenaga pendukung mencapai 4.200 orang, tapi jumlah vaksin yang didapat  kurang dari itu,” jelasnya.

dr Suratmika melanjutkan, untuk Nakes memang dijadwalkan memperoleh vaksin booster atau vaksinasi tahap III mengingat tenaga kesehatan (Nakes) yang berhadapan langsung dengan pasien terkonfirmasi paling berisiko terpapar Covid-19.

BACA JUGA: Sebanyak 10.991 Nakes di Denpasar Akan Mendapat Vaksinasi Dosis Ketiga Jenis Moderna 

“Dengan vaksinasi tahap III, imun Nakes semakin kuat. Teknisnya, vaksin akan disebar ke Faskes yang ada termasuk Puskesmas,” ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved