Breaking News:

Berita Gianyar

Program Pengembangan Sayuran Level Nasional, Banjar Pilan Gianyar Ditarget Jadi Kampung Sayur

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, dalam tahun 2021 ini menunjuk Klungkung dan Gianyar, Bali, sebagai penerima bantuan bibit

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dinas Pertanian Gianyar
Dinas Pertanian melakukan sosialisasi sayur kol organik pada petani di Banjar Pilan, Desa Kerta, Payangan, Gianyar, Bali belum lama ini - Program Pengembangan Sayuran Level Nasional, Banjar Pilan Gianyar Ditarget Jadi Kampung Sayur 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian, dalam tahun 2021 ini menunjuk Kabupaten Klungkung dan Kabupaten Gianyar, Bali, sebagai penerima bantuan bibit sayur kol organik.

Di mana hal ini merupakan bagian dari program pengembangan sayuran level nasional.

Di Kabupaten Gianyar, daerah yang ditunjuk dalam menyukseskan program tersebut adalah lahan pertanian milik Kelompok Tani Subak Abian Giri Amerta, Banjar Pilan, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar, Bali.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Gianyar, I Wayan Suarta mengungkapkan, Gianyar mendapat pengembangan sayur kol seluas 10 hektare.

Baca juga: Badung Harapkan di Masa Pandemi Para Petani Dapat Meningkatkan Hasil Pertanian

Di mana dalam hal ini, Banjar Pilan ditunjuk untuk menyukseskan program tersebut.

Sebab secara geografis, kawasan ini cocok untuk pengembangan sayuran, karena berada di dataran tinggi dan sejuk.

Terkait luas tanah garapan, kata dia, akan disesuaikan dengan kemampuan para petani, yakni jumlah total sekitar 10 hektare.

"Di Bali hanya Gianyar dan Klungkung dapat program ini. Gianyar mendapat pengembangan sayur daun, jenis tanaman kol 10 hektare, sedangkan di Klungkung di Banjarangkan, mengembangkan jenis sayur daun lainnya," ujarnya seizin Kadis Pertanian Gianyar, Rabu 4 Agustus 2021.

Kata dia, untuk mendukung program ini, Dirjen Hortikultura, Kementerian Pertanian RI memberikan bantuan benih, pupuk, dan pestisida nabati kepada petani.

Namun yang baru terealisasi saat ini hanya benih sebanyak 60 saset.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved