Breaking News:

Berita Klungkung

KMP Nusa Jaya Abadi Alami Kebocoran, Dishub Pastikan Penyeberangan ke Nusa Penida Tidak Terganggu

KMP Nusa Jaya Abadi harus "dikandangkan" di Pelabuhan Nusa Penida, Klungkung, Bali

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dishub Klungkung
Pengecekan kebocoran KMP Nusa Jaya Abadi belum lama ini - KMP Nusa Jaya Abadi Alami Kebocoran, Dishub Pastikan Penyeberangan ke Nusa Penida Tidak Terganggu 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - KMP Nusa Jaya Abadi harus "dikandangkan" di Pelabuhan Nusa Penida, Klungkung, Bali, pasca mengalami kebocoran pada bagian bawah kapal.

Meskipun demikian, Dishub meyakinkan tidak ada gangguan penyeberangan barang ke Nusa Penida, akibat dari rusaknya kapal yang dikelola Pemda Klungkung tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Klungkung, I Nyoman Sucitra menjelaskan, sampai saat ini KMP Nusa Jaya Abadi tidak beroperasi akibat mengalami kebocoran pada plat bagian bawah.

Kapal tidak beroperasi sampai rampung dilakukan docking.

Baca juga: Kronologi Lima ABK KM Eka Jaya 1 Diselamatkan Kapal Asing Tujuan Australia

Sementara, docking atau perbaikan rutin pada kapal yang melayani penyeberangan Pelabuhan Padangbai, Karangasem - Nusa Penida dan sebaliknya baru dilaksanakan awal September 2021 mendatang.

"KMP Nusa Jaya Abadi saat ini tidak beroperasi. Bagian bawah kapal, atau dekat dengan baling-balingnya masih alami kebocoran. Saat ini sudah ditembel sementara yang bocor itu sesuai standar, agar bisa docking ke Surabaya," ungkap Sucitra, Minggu 8 Agustus 2021.

Meskipun KMP Nusa Jaya dipastikan tidak bisa beroperasi sampai sebulan ke depan, Sucitra memastikan tidak ada gangguan arus penyeberangan barang maupun penumpang menuju Nusa Penida dan sebaliknya.

Selama ini KMP Nusa Jaya Abadi dimaksimalkan untuk angkutan barang dan kendaraan.

Namun karena tidak beroperasi, sementara penyeberangan barang dapat memaksimalkan dua kapal Landing Craft Tank (LCT), yang selama ini melayani penyeberangan ke Nusa Penida.

"Angkutan barang bisa manfaatkan LCT Bima dan LCT Arjuna. Sementara angkutan barang lancar semua," jelas Sucitra.

Sementara, untuk penyeberangan penumpang, memaksimalkan layanan boat cepat dari Pelabuhan di Kusamba.

Diberitakan sebelumnya, Kapal Motor Penumpang (KMP) Nusa Jaya Abadi yang dikelola Pemkab Klungkung, mengalami kebocoran pada bagian plat lunas kamar mesin.

Hal ini menyebabkan kapal yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Padangbai, Karangasem ke Nusa Penida tersebut tidak beroperasi sejak Rabu 28 Juli 2021 lalu.

Bahkan docking kapal rencananya akan dipercepat menjadi awal September mendatang.(*).

Baca juga: Alami Kebocoran Plat Berdiameter 5 Cm, Docking KMP Nusa Jaya Abadi Dipercepat

Kumpulan Artikel Klungkung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved