Breaking News:

Berita Klungkung

Letaknya Dinilai Strategis, Pos TNI AL Nusa Penida Kini Dilengkapi Alat Penginderaan Jarak Jauh

Keberadaan Posal Nusa Penida yang sangat strategis tersebut, maka perlu untuk ditempatkan alat penginderaan jarak jauh

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Wema Satya Dinata
istimewa kiriman Penerangan Lanal Denpasar
Pos TNI AL Nusa Penida Kini Dilengkapi Alat Penginderaan Jarak Jauh 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, KLUNGKUNG - Pos TNI AL (Posal) Nusa Penida adalah salah satu Posal di Jajaran Pangkalan TNI AL (Lanal) Denpasar yang berada di Pulau Nusa Penida Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Dengan jarak tempuh dari Denpasar menuju Posal kurang lebih dua jam perjalanan dengan menggunakan transportasi laut baik Boat maupun kapal Ferry dari Pelabuhan Padang Bai Kabupaten Karangasem.

Keberadaan Posal Nusa Penida yang sangat strategis tersebut, maka perlu untuk ditempatkan alat penginderaan jarak jauh.

Maka dari itu Pimpinan TNI AL menempatkan Radar pengindera jarak jauh, mengingat posisi Posal Nusa Penida yang berhadapan langsung dengan Selat Lombok yang merupakan salah satu Posal yang sangat strategis dijajaran TNI AL karena terletak di sebelah Tenggara Pulau Nusa Penida, Provinsi Bali.

Baca juga: Bupati Suwirta Kebut Program Satu Desa Satu TK Negeri di Klungkung

Sebagai Pos terluar yang melaksanakan fungsi puldata intelmar dan pendeteksian terhadap kapal-kapal asing maupun lokal yang melintas di jalur ALKI II serta aktifitas kegiatan masyarakat.

Pada hari Senin tanggal 9 Agustus 2021, Kasubdis Inteltek Dispamsanal Kolonel Laut (E) Yulianus Arinando melaksanakan pengecekan secara langsung pemasangan dan pemasangan Radar Quantum Raymarine di Mako Posal Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Provinsi Bali.

Turut hadir dalam rangka pengecekan fungsi perangkat Radar Quantum Raymarine yaitu  Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut (P) Agus Ali Handono, Letkol Laut (P) Dedy Irawan Eko Cahyono (Katim Uji Terima Dispamsanal), Paur Ops Unit Intel Lettu Laut (E) Prasiddha Yoga, Letda Laut (E) Lukman Hakim (Pendamping dan Pengawas dari Dispamsanal), Danposal Nusa Penida Peltu Mes Wayan Merta dan 2 orang tehnisi dari PT. Armindo Perkasa.

Kolonel Yulianus berpesan kepada anggota Posal Nusa Penida agar senantiasa menjaga dan merawat dan bisa mengoperasikannya.

Mengingat Posal Nusa Penida adalah Posal yang sangat strategis dimana didepan Posal adalah ALKI II yang banyak sekali kapal-kapal asing, dan kapal dalam negeri yang melintas di ALKI II sehingga dengan dipasangnya Radar ini bisa menambh puldata Intelmar dan pendeteksian dini guna kepentingan TNI AL dan Nasional.

Pulau Nusa Penida sebagai salah satu pulau terluar di wilayah Perairan Indonesia yang memiliki ciri khas tertentu sebagai tempat wisata bahari snorkling, diving, panorama alam dan tempat ibadah pura umat Hindu Goa Giri Putri, Puncak Mundi, Pura Dalam Penataran Ped dan Masjid Tua di daerah Toya Pakeh.(*)

Artikel lainnya di Berita Klungkung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved