Breaking News:

ASN di Gianyar Kini Sibuk Daftar Diri Secara Online, Banyak Yang Kesulitan Karena Gagap Teknologi 

Informasi dihimpun Tribun Bali, Jumat 13 Agustus 2021, beberapa ASN kini tengah disibukkan dalam mengurus pendaftaran berbasis online.

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Eviera Paramita Sandi
Istimewa
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gianyar, Bali, saat ini tengah disibukkan dengan aktivitas pengumpulan data diri.

Hal ini berdasarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang meminta seluruh ASN, termasuk PNS dan Pejabat Pimpinan Tinggi Non-ASN, untuk melakukan update atau pemutakhiran data dan riwayat pribadi secara mandiri.

Kewajiban update data kepegawaian PNS diterapkan untuk memenuhi target terwujudnya Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai Perpres 95/2018 dan target satu data ASN sesuai Perpres 39/2019.

Informasi dihimpun Tribun Bali, Jumat 13 Agustus 2021, beberapa ASN kini tengah disibukkan dalam mengurus pendaftaran berbasis online.

Sebab tak sedikit dari mereka, terutama petugas lapangan yang gagap teknologi.

Hal itu karena dalam pengiriman data online ini, tidak sembarangan.

Misalnya saat pengiriman foto, harus sesuai dengan format yang ditentukan oleh pusat.

Selain itu, terkait dikarenakan banyaknya pendaftar, menyebabkan mereka kesulitan masuk ke link pendaftaran.

Tak hanya itu, pemberkasan yang harus dikirim sangat spesifik. Mulai dari SK pengangkatan, kartu keluarga hingga akta kelahiran.

"Benar-benar berat, sampai-sampai tidak sedikit yang meminta bantuan ke warnet, dan ada juga pegawai harian lepas yang menawarkan jasa dengan bayaran Rp 50 ribu per orang. Tentu ini sangat membantu, kalau tidak ada bantuan, pemerintahan bisa tidak jalan karena semua ASN sibuk mengumpulkan data diri dan mendaftar online," ujar seorang sumber Tribun Bali.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved