Breaking News:

Berita Buleleng

Guna Menjaga Kelestarian Danau, Sebanyak 20 Ribu Benih Ikan Ditebar di Danau Buyan dan Tamblingan

Sebanyak 20 ribu benih ikan nila dan karper di tebar di Danau Tamblingan, Kecamatan Banjar dan Danau Buyan

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani | Editor: Karsiani Putri
Istimewa
Kepala DKPP Buleleng, I Gede Putra Aryana saat menebarkan ribuan ikan di Danau Tamblingan, Jumat 13 Agustus 2021 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Sebanyak 20 ribu benih ikan nila dan karper di tebar di Danau Tamblingan, Kecamatan Banjar dan Danau Buyan Kecamatan Sukasada, Buleleng Jumat 13 Agustus 2021.

Penebaran ini dilakukan untuk menjaga kelestarian kedua Danau kembar andalan Buleleng itu. 

Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana ditemui usai menebar ribuan bibit ikan itu menyebut, ekosistem ikan yang ada di kedua Danau ini tidak berjalan dengan baik karena ada predator seperti ikan zebra yang hidup di dalam Danau tersebut.

"Anak-anak ikan nila, mujair, ikan karper yang hidup di Danau ini dimakan oleh ikan zebra. Sehingga kalau kita memanen indukannya yang sudah besar, tidak ada kelanjutan lagi,” jelasnya.

Oleh karena itu, Suradnyana menyebut suplai bibit ikan harus rutin dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Buleleng.

Sehingga ikan-ikan tersebut bisa memberikan manfaat untuk masyarakat disekitar Danau.  

BACA JUGA: Ini Penjelasan Terkait Mitos Bunga Gumitir yang Tidak Boleh Dipakai Sembahyang

Sementara Kepala DKPP Buleleng, I Gede Putra Aryana mengatakan, jumlah benih ikan nila yang ditebar di Danau Tamblingan berjumlah 5 ribu ekor.

Sementara di Danau Buyan jumlah benih ikan nila yang ditebar berjumlah 12 ribu ekor, ditambah dengan tiga ribu ekor ikan jenis karper.

Ukuran benih ikan yang ditebar berkisar tujuh sampai sembilan sentimeter, sehingga ikan tidak dapat dimangsa oleh ikan predator.

BACA JUGA: Dampak Dari PPKM Berjilid-jilid, Ekonom Celios Perkirakan Jumlah Penduduk Miskin Akan Bertambah

Disinggung terkait intruksi Bupati untuk rutin melakukan penebaran benih ikan di kedua Danau tersebut,  mantan Camat Busungbiu ini menambahkan pihaknya siap menyiapkan 10 ribu benih ikan setiap bulannya untuk keberlanjutan tersedianya ikan di kedua Danau tersebut.

"Selama predator masih ada, penebaran benih memang harus rutin dilakukan agar jumlah ikan tidak berkurang. Saya imbau juga kepada nelayan sekitar, kalau menemukan ikan zebra agar tidak dilepas lagi ke Danau untuk mengurangi jumlah ikan predatornya.  (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved