Breaking News:

Corona di Bali

Belum Ada Lokasi Isoter di Nusa Penida, Pengelola Diharapkan Izinkan Hotelnya Jadi Lokasi Isoter

Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali, selama ini tidak memiliki tempat isolasi terpusat, untuk para warga terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Pemkab Klungkung
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat meninjau rencana tempat isolasi di Nusa Penida, Minggu 15 Agustus 2021 - Belum Ada Lokasi Isoter di Nusa Penida, Pengelola Diharapkan Izinkan Hotelnya Jadi Lokasi Isoter 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali, selama ini tidak memiliki tempat isolasi terpusat, untuk para warga terkonfirmasi Covid-19 tanpa gejala (OTG).

Para pemilik hotel pun diminta berpartisipasi dalam penanganan pandemi Covid-19, dengan mengizinkan hotel yang dikelolanya menjadi tampat isolasi terpusat (isoter).

Ketua Satgas Covid-19 Klungkung, I Nyoman Suwirta, melakukan pemantauan ke Penginapan Nuansa Nusa Homestay di Desa Batununggul.

Tempat ini disiapkan menjadi lokasi isolasi terpusat bagi warga Nusa Penida yang terkonfirmasi Covid-19.

Baca juga: Tabanan Sediakan 536 Bed untuk Pasien OTG dan Gejala Ringan, 4 Lokasi Isoter Sudah Disediakan

Penginapan Nuansa Nusa Homestay menyiapkan delapan kamar untuk tempat isolasi terpusat.

"Saya sudah koordinasikan kepada perangkat Desa dan Adat di Desa Batununggul, dan berharap masyarakat kooperatif membantu pemerintah dalam memutus penyebaran Covid-19. Ini juga agar masyarakat yakin bahwa apa yang dilakukan pemerintah adalah demi kesehatan dan keselamatan masyarakat," ujar Suwirta, Minggu 15 Agustus 2021.

Mengingat kapasitas kamar yang tersedia relatif sedikit, sementara penduduk Nusa Penida cukup padat, Suwirta meminta pengelola untuk mengizinkan hotel atau penginapannya dijadikan tempat isoter.

Sementara nantinya keperluan isoter akan disediakan oleh pemerintah.

“Dukungan para pemilik hotel atau pengelola hotel, pemilik penginapan sangat diharapkan mendukung pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19,” jelas Suwirta.

Bagi warga terkonfirmasi Covid-19 di Nusa Penida yang tidak berkebutuhan khusus, agar mulai menjalani isolasi terpusat yang sudah disediakan oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Nusa Penida.

Sementara, bagi warga positif Covid-19 yang berkebutuhan khusus dapat melaksanakan isolasi mandiri secara disiplin dengan pengawasan ketat.

"Isolasi terpusat untuk memastikan jika warga benar-benar disiplin selama isolasi. Nanti di tempat isolasi tentu ada petugas dari satgas dan tim medis, yang selalu memantau kondisi warga," ungkapnya. (*).

Baca juga: Bangli Mulai Terapkan Isoter Berbasis Desa Dari yang Sebelumnya Memberlakukan Isoman 

Kumpulan Artikel Klungkung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved