Breaking News:

Wawancara Khusus

Bincang dengan Menpora Zainudi Amali, Indonesia akan Bangun Pabrik Atlet

Grand design pembangunan atlet yang unggul dan berprestasi di masa depan tengah disiapkan pemerintah.

Editor: Karsiani Putri
Tribun Bali/M Firdian Sani
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali 

TRIBUN-BALI.COM- Grand design pembangunan atlet yang unggul dan berprestasi di masa depan tengah disiapkan pemerintah.

Hal itu disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali saat wawancara khusus dengan Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra dan Manajer Pemberitaan Tribun Network Rachmat Hidayat, Jumat 13 Agustus 2021 malam.

Amali menerangkan gagasan ini awalnya muncul tahun lalu saat perayaan Hari Olahraga Nasional ke-37 pada 9 September 2020.

"Pak Presiden memberi arahan. Arahan beliau itu minta kepada saya untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan olahraga nasional," ujar Menpora.

Berikut petikan wawancaranya:

Kita mendengar ada konsep Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), ini maksudnya apa?

Desain besar olahraga nasional ini adalah sekaligus mendesain prestasi kita. Saat peringatan Haornas yang ke-37 tanggal 9 September 2020, Pak Presiden memberi arahan. Beliau minta kepada saya Menpora untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan olahraga nasional.

Saya berdiskusi dengan stakeholder, teman-teman KONI, teman-teman Olimpiade, khususnya perguruan tinggi yang ada fakultas olahraganya, para guru besar olahraga dan berbagai stakeholder. Akhirnya kita berkesimpulan prestasi yang kita dapatkan sekarang ini berjalan tanpa desain.

Hari ini kita menemukan seorang juara, tetapi tidak ada jaminan lapisan di bawahnya kalau juara izin sudah senior. Dia sudah tidak bisa lagi bertanding. Kemudian kita menyiapkan itu. Setelah itu juga di bawah. Itu tidak ada.

Saya selalu sampaikan dengan bahasa sederhana kepada publik, prestasi itu harus di pabrik. Nggak bisa nemu. Itu tidak akan langgeng, tidak akan berkesinambungan. Tapi kalau kita desain itu akan sistematis, terstruktur dan melibatkan secara masif seluruh masyarakat kita.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved