Breaking News:

Berita Karangasem

Angkutan Sepi, Terminal Subagan di Karangasem Beralih Fungsi Jadi Pasar Sayur dan Buah-buahan

Pemicunya karena sepinya angkutan antar kota serta antar desa yang masuk dan memarkir kendaraannya dalam Terminal Subagan.

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Saiful Rohim
Kondisi Terminal Subagan, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Rabu (18/8/2021) siang hari. Tampak pedagang grosiran dan hasil pertanian menjajakan dagangan 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Terminal Subagan, di Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem untuk sementara dialihkan menjadi pasar sayuran dan buah-buahan.

Pemicunya karena sepinya angkutan antar kota serta antar desa yang masuk dan memarkir kendaraannya dalam Terminal Subagan.

Seorang pengunjung, Gde Suryanta, mengatakan, Terminal Subagan  dialihkan menjadi pasar sayuran & buah sejak setahun yang lalu.

Pedagang yang berjualan di Terminal berasal dari beberapa Kabupaten di Bali. Seperti Bangli,  Klungkung, dan Karangasem. Mereka berdagang buah, sayuran, serta bunga.

Baca juga: Walau Diguyur Hujan, Petugas Basarnas Karangasem Berhasil Evakuasi 5 Pendaki di Gunung Agung

"Terminal Subagan sepi dari beberapa tahun lalu. Daripada sepi mending dialihkan menjadi pasar untuk sementara. Untuk terminal di bagian bawah dialihkan sementara jadi senggol," ungkap Suryanta, Rabu 18 Agustus 2021.

Ditambahkan, biasanya  pedagang mulai berjualan di Terminal Subagan dari  pukul 12.00 sampai 16.00 wita. Pedagang menjual pakaian grosiran, dan hasil pertanian. Seperti sayuran, bunga beserta buah. Sedangkan terminal bagian bawah beroperasi sekitar pukul 16.00 wita hingga malam.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Karangasem, IB Putu Suastika, membenarkan pengalihan Terminal Subagan menjadi pasar bersifat sementara.

Fungsi terminal tetap seperti awal, untuk menaikkan serta turunkan penumpang. Lahan yang dipakai sebagian, itupun hanya untuk sementara.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM mengaku, lahan terminal  dipakai pasar sejak Juni 2020.

Pamicunya dikarenakan pandemi COVID. Pedagang yang jualan di Terminal Subagan merupakan eks dagang Pasar Amlapura.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved