Breaking News:

Berita Bali

Bali Bangkit & Bali Kembali, Kerja Keras Pentaheliks Pulihkan Kehidupan Masyarakat di Tengah Pandemi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak komunitas perguruan tinggi untuk berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Bali

istimewa kiriman Komunikasi BNPB
Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional, Ganip Warsito saat berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, perwakilan perguruan tinggi Bali, mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) serta para relawan Kamis (19 Agustus 2021) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M. meyakini Bali, yang didukung dengan nilai-nilai budaya, dapat segera kembali pulih dari pandemi Covid-19.

Kolaborasi pentaheliks, khususnya peran perguruan tinggi, menjadi akselerator pemulihan kehidupan masyarakat dengan semangat ‘Bali Bangkit’ dan ‘Bali Kembali.’

Hal tersebut disampaikan Ganip yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Nasional saat berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, perwakilan perguruan tinggi Bali, mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) serta para relawan pada Kamis (19/8/2021), baik secara virtual maupun tatap muka.

Sejak awal pandemi pada tahun lalu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengajak komunitas perguruan tinggi untuk berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Bali.

Baca juga: Tahun Depan Bali Tuan Rumah Forum GPDRR, Begini Harapan Ketua BNPB Ganip Warsito

Kerja sama dengan perguruan tinggi tersebut tidak terlepas dari dukungan penuh dari kementerian dan lembaga terkait dalam program percontohan percepatan penanganan Covid-19, antara lain dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pertanian dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dukungan konkret tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) yang melibatkan ribuan mahasiswa di Bali, dan program riset kebencanaan hasil proses seleksi dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Sebanyak 49 riset kebencanaan yang terpilih dalam proses itu akan memfokuskan pada kajian kebijakan strategis percepatan pemulihan dari pandemi dari semua aspek.

“Salah satu program besar yang saat ini sedang dan terus akan berjalan adalah kolaborasi riset kebencanaan yang melibatkkan 23 universitas dan KKN Tematik yang melibatkan tidak kurang dari 5.000 mahasiswa di Provinsi Bali,” ujar Ganip di Kantor Gubernur, pada Kamis (19/8/2021).

Ganip merasa bangga dan mengapresiasi pada komunitas perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam penanganan Covid-19, baik dalam bentuk riset kebencanaan dan keikutsertaan mahasiswa dalam program KKNT yang terjun langsung di tengah masyarakat.

“Melalui riset penelitian ini, saya berharap seluruh peneliti dapat berkontribusi untuk menghasilkan produk keilmuan yang bernilai akademis tinggi seperti artikel penelitian, buku, kebijakan, dan produk inovatif tetapi applicable dalam penyelesaian permasalahan kebencanaan, khususnya pandemi COVID-19 di Provinsi Bali khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” tambahnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved