Breaking News:

Berita Gianyar

Baru Berdamai Akhir Tahun Lalu, Pemkab Gianyar Kembali Mediasi Warga Pakudui Tegalalang

Meskipun sudah dilakukan eksekusi damai antara Pakudui Kawasan dan Pakudui Kangin, Desa Kedisan, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, Bali akhir tahun la

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Warga Pakudui Kangin, Desa Kedisan, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, Bali mendatangi Kantor Bupati Gianyar, Kamis 19 Agustus 2021 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Meskipun sudah dilakukan eksekusi damai antara Pakudui Kawasan dan Pakudui Kangin, Desa Kedisan, Kecamatan Tegalalang, Gianyar, Bali akhir tahun lalu, namun masih terdapat persoalan.

Bahkan, Pakudui Kangin mendatangi Kantor Bupati Gianyar untuk meminta petunjuk terkait hal-hal yang tidak mereka setujui dari Pakudui Kawan selaku pemenang sengketa lahan Desa Adat Pakudui. 

Informasi dihimpun Tribun Bali, sebelumnya puluhan krama Pakudui Kangin mendatangi Kantor Bupati, Kamis 19 Agustus 2021 siang.

Hal itu karena pagi harinya, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Gianyar melakukan pengukuran tanah atas permohonan warga Pakudui Kawan.  

Baca juga: Puluhan Warga Miskin Gianyar Akan Dibuatkan Rumah, Terbanyak di Ubud

Warga Pakudui Kangin yang merasa tidak mengetahui kegiatan itu menyatakan keberatan.

Meskipun sudah dilakukan eksekusi damai, namun untuk pengelolaan lahan tesebut dinilai belum ada kejelasan.  

Sehingga  pengukuran lahan dalam kaitan proses permohonan sertifikasi lahan harus jelas pemohonnya.

"Iya kami tadi sedang mendampingi petugas BPN untuk melakukan pengukuran. Tiba-tiba warga Pakudui Kangin datang dan melarang kegiatan ini."

Baca juga: Satpol PP Gianyar Masih Berikan Toleransi pada Pedagang Liar Dampak Pandemi

"Padahal eksekusi sudah dilaksanakan akhir tahun lalu. Kami pun sempat adu mulut, lalu mereka pergi dan mengaku akan melapor. Entah melapor kamana silahkan, yang jelas kami hanya ingin mensertifikasikan lahan adat ini," ujar warga Pakudui Kawan, I Wayan Puaka. 

Di tempat lain, puluan warga Pakudui Kangin yang mandatangi Kantor Bupati, diterima oleh Ketua Tim Penyelesaian Sengketa Gianyar, Dewa Gde Alit Mudiarta dan Tim Ahli Bupati , AA Santoso yang juga sebagai tim Mediator  Sengketa Pakudui.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved