Breaking News:

Berita Karangasem

Air PDAM Ngadat Dua Bulan, Pelanggan Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem Terpaksa Gunakan Air Sungai

Gede Sukardinata, pelanggan Tirta Tohlangkir asal Desa Tangkup, mengatakan, aliran air sudah hampir dua bulan tak mengalir

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
NET
Ilustrasi PDAM macet. Air Ngadat 2 Bulan, Pelanggan Perumda Tirta Tohlangkir Karangasem Terpaksa Menggunakan Air Sungai 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Pelanggan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Tohlangkir di Desa Tangkup dan Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem  mengeluh lantaran  saluran air tak kunjung mengalir alias mati.

Kondisi ini terjadi dua bulan lalu, terhitung dari Juli hingga Agustus 2021.

Gede Sukardinata, pelanggan Tirta Tohlangkir asal Desa Tangkup, mengatakan, aliran air sudah hampir dua bulan tak mengalir.

Apa pnyebabnya, belum diketahui.

Baca juga: Pengajuan Izin Usaha di Karangasem Meningkat di Tengah Pandemi Covid-19

Akibatnya  aktivitas tiap hari warga terhambat. Seperti memasak, mencuci, mandi, dan aktivitas yang berkaitan erat dengan air.

"Untuk sementara pelanggan mencari air ke sungai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Dan ada juga warga mencari air di pelepasan  air PDAM milik Kabupaten Klungkung,"ungkap I Gede Sukardinata, Minggu (22/8/2021).

Untuk mandi sehari, warga pakai aliran air Telaga Waja berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Pihaknya berharap, supaya petugas secepatnya bisa mengatasi  keadaan air yang belum mengalir. Agar bisa memenuhi kebutuhan air ke pelanggan.

 Selama air tidak mengalir, para pelanggan mempergunakan air di sungai serta sumber mata air di desa yang debit airnya  tidak memadai.

"Kita butuh waktu lama untuk mendapatkan satu jerigen air. Dari PDAM sudah memberikan bantuan air mengunakan mobil tangki. Tetapi hal itu belum juga mampu untuk mengatasi kesulitan kami dalam hal kebutuhan air. Besar harapan supaya air mengalir normal," tambah Sukardinata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved