Breaking News:

AS Tak Menyangka Pemerintahan Afghanistan Bisa Jatuh Dalam 11 Hari, Sebut Serba Cepat

Ia mengklaim bahwa tidak ada yang memprediksi pemerintah Afghanistan akan jatuh dalam waktu secepat itu. 

AFP PHOTO/AHMAD SAHEL ARMAN
Seorang milisi berdiri bersama anggota pasukan pemerintah Afghanistan pada 19 Agustus 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, WASHINGTON - Jatuhnya pemerintahan Afghanistan hanya dalam waktu 11 hari membuat banyak pihak terkejut dan tak menyangka. 

Hal ini diungkapkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin.

Ia mengklaim bahwa tidak ada yang memprediksi pemerintah Afghanistan akan jatuh dalam waktu secepat itu. 

"Semuanya terjadi 'sangat cepat', itu adalah evolusi yang sangat cepat, bergerak cepat, dan serba cepat," kata Lloyd, kata Austin dalam sebuah wawancara dengan media setempat.

Pernyataan tersebut disampaikannya saat membela penanganan pemerintah Presiden AS Joe Biden terhadap krisis yang sedang berlangsung di negara Timur Tengah itu.

Baca juga: Berikan Dukungan, Rusia Sebut Taliban Penguasa Sah di Afghanistan 

"Ini semua terjadi dalam rentang waktu sekitar 11 hari. Tidak ada yang memperkirakan bahwa pemerintah (Afghanistan) akan jatuh dalam waktu 11 hari. Proyeksi awal intelijen AS tentang berapa lama dapat menahan Taliban setelah penarikan militer, berbeda secara substansial," jelas Austin.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (23/8/2021), Ia menyebut bahwa ada penilaian yang awalnya memprediksi sekitar satu hingga dua tahun, hingga beberapa bulan.

"Namun itu adalah berbagai penilaian, saat kelompok Taliban mulai mendapatkan keuntungan, dan kemudian kami melihat bahwa dalam sejumlah kasus, ada lebih sedikit pertempuran, lebih banyak penyerahan diri dan lebih banyak kekuatan yang tidak dikerahkan, sangat sulit untuk diprediksi secara akurat," tegas Austin.

Saat ditanya apakah rencana penarikan pasukan AS dari negara itu 'dapat diterima dan sesuai', Austin pun meyakini hal tersebut.

"Berdasarkan apa yang kami lihat dan masukan untuk rencana tersebut, ini hal yang sesuai," tutur Austin.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved