Breaking News:

Israel

Pesawat Tempur Israel Bom Lokasi Hamas di Gaza, Pembalasan Atas Serangan Balon Api

Belum ada laporan mengenai korban dalam serangan udara itu, yang menargetkan apa yang dikatakan militer sebagai fasilitas produksi senjata

Editor: DionDBPutra
AFP/KATA KHATIB
Bola api membubung setelah serangan udara di Khan Yunis di Jalur Gaza selatan, 23 Agustus 2021. Israel melancarkan serangan udara terhadap Gaza setelah balon-balon pembakar yang diluncurkan dari jalur itu memicu kebakaran di selatan negara itu. 

TRIBUN-BALI.COM, TEL AVIV - Pesawat-pesawat tempur Israel mengebom situs-situs Hamas di Gaza sebagai tanggapan atas balon-balon pembakar yang diluncurkan dari daerah kantong Palestina yang menyebabkan kebakaran di Israel selatan.

Demikian kata militer negara itu pada Selasa pagi 24 Agustus 2021.

Belum ada laporan mengenai korban dalam serangan udara itu, yang menargetkan apa yang dikatakan militer sebagai fasilitas produksi senjata dan tempat peluncuran roket milik Hamas --kelompok Islam yang menguasai Gaza.

Sejak gencatan senjata yang dimediasi Mesir menghentikan 11 hari pertempuran Israel-Hamas pada Mei 2021, gerilyawan Gaza secara sporadis mengirim balon berisi bahan pembakar ke Israel.

Baca juga: Tentara Israel Tangkap Pemimpin Hamas di Tepi Barat karena Mendirikan Pangkalan

Baca juga: Masalah Birokasi dan Perselisihan Hamas-Fatah Jadi Tantangan untuk Rekonstruksi Gaza

Hal itu yang membuat Israel balas menyerang fasilitas Hamas.

Palestina mengatakan balon itu bertujuan untuk menekan Israel agar melonggarkan pembatasan di Gaza dan mengizinkan bantuan untuk mencapai wilayah itu.

Balon yang diluncurkan Senin 23 Agustus 2021 memicu kebakaran di ladang Israel di sepanjang perbatasan Gaza, kata Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Israel.

Kekerasan lintas-perbatasan telah meningkat meskipun ada pengumuman Israel pekan lalu tentang dimulainya kembali bantuan Qatar ke Gaza, sebuah langkah yang dilihat sebagai memperkuat gencatan senjata yang rapuh.

Menghadapi pengunjuk rasa Gaza yang membakar ban dan melemparkan bahan peledak di sepanjang perbatasan pada Sabtu 21 Agustus 2021, pasukan Israel menembak dan melukai 41 warga Palestina, melukai dua orang secara kritis, kata petugas medis.

Tembakan Palestina melukai serius seorang tentara Israel, kata militer.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved