Breaking News:

Berita Badung

Miliki Potensi SDM Unggul, PNB Gelar Pameran Produk Kreatif dan Inovatif  

Pameran ini diselenggarakan secara daring dan luring mulai tanggal 26 hingga 28 Agustus 2021 mendatang

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Zaenal Nur Arifin
Direktur Politeknik Negeri Bali saat mengunjungi stand pameran kreatif dan inovatif dengan tema 'Peningkatan Daya Saing Bangsa Melalui Produk Kreatif dan Inovatif'. Pameran ini diselenggarakan secara daring dan luring mulai tanggal 26 hingga 28 Agustus 2021 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Ingin mengintegrasikan dunia pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri, Politeknik Negeri Bali (PNB) bekerjasama dengan SMK dan PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali menyelenggarakan Pameran Produk Kreatif dan Inovatif dengan tema 'Peningkatan Daya Saing Bangsa Melalui Produk Kreatif dan Inovatif'.

Pameran ini diselenggarakan secara daring dan luring mulai tanggal 26 hingga 28 Agustus 2021 mendatang dengan melibatkan 6 jurusan yang ada di PNB, 14 SMK se-Bali dan 3 Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Pameran Produk Kreatif dan Inovatif ini dibuka oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno secara daring, Kamis 26 Agustus 2021.

Digelarnya pameran ini diharapkan kedepannya PNB bisa membangun sinergi bersama-sama, kemudian bagaimana produk-produk hasil daripada pendidikan vokasi ini bisa dipasarkan dan bisa meningkatkan daya saing produk-produk kreatif bangsa.

"Diharapkan kedepan bisa membangun sinergi bersama-sama dan produk hasil daripada pendidikan vokasi ini dapat dipasarkan. Produk kreatif dan inovatif yang menonjol adalah dalam rekayasa di bidang teknologi misalnya seperti mobil listrik, robotik, smart farm dan karya lainnya dari mahasiswa," ujar Ketua Panitia Pameran Kreatif dan Inovatif, Dr. Ketut Budarma., M.Par., MMTHRL., disela-sela kegiatan berlangsung.

Menurutnya, selain itu juga kedepan kegiatan pameran kreatif dan inovatif ini akan menjadi agenda tahunan di PNB yang digelar secara hybrid seperti sekarang, SMK berpameran di sekolahnya masing-masing, pihaknya disini berpameran di lokasi, dan DUDI juga berpameran dari tempatnya masing-masing diintegrasikan secara daring melalui platform zoom meeting.

Mendikbudristek Nadiem Makarim dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini karena apa yang dilakukan Politeknik Negeri Bali meruntuhkan sekat-sekat yang pernah memisahkan dunia pendidikan dan dunia industri. 

“Inisitiatif ini sejalan dengan semangat merdeka belajar, khususnya program SMK pusat keunggulan dan Kampus Merdeka Vokasi. Saat ini peningkatan mutu pendidikan dan lulusan vokasi didorong oleh linkedmacth yang benar-benar berjodoh,” ujarnya.

“Artinya kolaborasi antar satuan pendidikan vokasi dan industri terjadi secara holistik khususnya dalam mendorong perbaikan kualitas pendidikan serta menguatkan riset terapan,” sambung Mendikbudristek Nadiem Makarim.

Lebih lanjut, ia menyampaikan perbaikan kualitas pendidikan vokasi adalah visi utama dari SMK Pusat Keunggulan yang tahun ini menyasar 895 Sekolah di seluruh Indonesia.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved