Breaking News:

Berita Klungkung

Australia Hibahkan Mesin Desalinasi, Demi Pemenuhan Air Minum di Nusa Lembongan Bali

Australia menghibahkan mesin desalinasi untuk membantu warga Nusa Lembongan memenuhi kebutuhan air bersih

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Proses penurunan peti kemas berisikan mesin desalinasi dari helikopter milik Angkatan Laut Australia ke darat - Australia Hibahkan Mesin Desalinasi, Demi Pemenuhan Air Minum di Nusa Lembongan Bali 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA – Australia menghibahkan mesin desalinasi untuk membantu warga Nusa Lembongan memenuhi kebutuhan air bersih.

Mesin itu sudah diserahkan Kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra kepada Yayasan Pendidikan Wisata Darma Bali (SMA Wisata Darma).

Mesin desalinasi dibawa helikopter milik Angkatan Laut Australia ke area lapang Pantai Dream Beach dan diturunkan di sana.

Proses penurunan dibantu personel TNI AU dari Lanud I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: Kodam IX/Udayana Pasang Hampir 200 Titik Pompa Hidram, Oase Warga di Tengah Kesulitan Air Bersih

Atase Pertahanan Laut Australia untuk Indonesia, Captain (Navy) Rodney Griffiths mengatakan Surfrider Foundation di Australia membutuhkan bantuan dalam pengiriman mesin desalinasi ke Nusa Lembongan.

"Masih dalam pandemi Covid-19 susah melakukan kiriman kargo, jadi pemerintah Australia menyetujui dukungan tersebut. Terlebih adanya kegiatan Indo-Pacific Endeavour 2021 sudah dimulai seminggu lalu. Angkatan Laut Australia khususnya kapal HMAS Canberra membawa muatan mesin desalinasi," ujar Griffiths, Minggu 29 Agustus 2021.

Ia menjelaskan, HMAS Canberra lego jangkar di kurang lebih 50 nautical mile dari Nusa Lembongan dan helikopter dari HMAS Anzac mengambil mesin desalinasi tersebut di HMAS Canberra lalu membawanya ke lokasi.

Proses penurunan mesin desalinasi yang dikemas dalam sebuah peti kemas berjalan lancar.

Proses pemindahan ke mobil butuh waktu agak lama karena berat bruto paket tersebut mencapai 600 kilogram.

Palaksa Lanal Denpasar Letkol Laut Agus Ali H mewakili Danlanal Denpasar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Australia atas bantuan hibah mesin desalinasi.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved