Breaking News:

Bentara Budaya Gelar Pameran Dua Menguak Seni, Ikut Dipamerkan Karya-karya Sejumlah Seniman Bali

Efix Mulyadi selaku Kurator Bentara Budaya mengatakan pameran ini digelar untuk memaknai 39 tahun perjalanan Bentara Budaya dalam merawat kesenian

Penulis: Putu Supartika | Editor: Wema Satya Dinata
Sc Youtube Bentara Budaya
Pameran bertajuk Dua Menguak Seni yang dibuka pada Rabu, 1 September 2021 dan berlangsung hingga 27 September 2021 via youtube channel Bentara Budaya. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bentara Budaya menggelar pameran bertajuk Dua Menguak Seni.

Pameran ini dibuka pada Rabu, 1 September 2021 dan berlangsung hingga 27 September 2021 via youtube channel Bentara Budaya.

Efix Mulyadi selaku Kurator Bentara Budaya mengatakan pameran ini digelar untuk memaknai 39 tahun perjalanan Bentara Budaya dalam merawat kesenian.

Dimana Bentara Budaya mewadahi beragam ekspresi kesenian, juga merawat koleksi-koleksi benda seni yang kepemilikannya dirintis sejak akhir 1970-an oleh para pendiri Kompas Gramedia, yakni P.K. Ojong serta Jakob Oetama.

Baca juga: Jadwal Acara Teras Bentara Museum, Keris dan Persahabatan Bersama Pande Wayan Suteja Neka

"PK Ojong dan Jakob Utama merupakan dua orang yang kokoh mendukung seni budaya. Apalagi diperkuat oleh Jacob Utama yang langsung setuju mendirikan Bentara Budaya Jogja," kata Efix.

Adapun karya-karya yang menjadi koleksi Bentara Budaya terus bertambah dan kini meliputi keramik antik, lukisan kreasi para maestro seni, wayang, hingga patung maupun kriya kayu dari Papua.

Selain sarat dengan nilai estetika, koleksi-koleksi ini pun mengandung muatan historis, arkeologis, hingga antropologis, dan dengan demikian juga dapat merekam setidaknya sebagian dari kekayaan kebudayaan Nusantara.

Dan pada pameran kali ini menghadirkan koleksi Bentara Budaya yang bertajuk Pameran Koleksi Bentara Budaya dan Foto Perintis Dua Menguak Seni.

Pameran ini diniatkan pula sebagai sebuah rangkaian menuju empat dasawarsa Bentara Budaya pada tahun 2022 yang seluruh kegiatannya berangkat dari tema utama “Menghibur yang Papa, Merangkul yang Berdaya.”

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved