Breaking News:

Kerajaan Inggris

Inggris Ternyata Sudah Siapkan Rencana "Operasi Jembatan London" jika Ratu Elizabeth II Meninggal

Dokumen yang diperoleh Politico menunjukkan, Kantor Kabinet untuk operasi menyusun strategi 10 hari yang mulai berlaku sehari setelah ratu meninggal

Editor: Bambang Wiyono
Ratu Inggris Elizabeth II 

TRIBUN-BALI.COM, LONDON - Meski tidak ada laporan tentang Ratu Elizabeth II yang berusia 95 tahun itu dalam kesehatan yang buruk, namun Pemerintah Inggris sudah memiliki rencana jika pemimpin monarki itu meninggal.

Rencananya disebut dengan istilah "Operasi Jembatan London".

Dokumen yang diperoleh Politico menunjukkan, Kantor Kabinet untuk Operasi telah menyusun strategi 10 hari yang mulai berlaku sehari setelah ratu meninggal.

Itu termasuk bagaimana pengumuman akan dibuat, perencanaan pemakamannya dan segala sesuatunya.

Rangkaian 10 hari setelah kematian Ratu Elizabeth akan disebut “D-Day”.

Setiap hari setelahnya akan diberikan nama itu, ditambah angka untuk menunjukkan berapa hari telah berlalu sejak kematian Sang Ratu.

Baca juga: Protokol Jika Ratu Elizabeth II Meninggal Terungkap, Medsos Kerajaan Inggris Berwarna Hitam

Melansir NY Daily News pada Sabtu (4/9/2021), rencana tersebut akan dimulai dengan asisten pribadi Ratu Elizabeth II memulai "panggilan beruntun" kepada perdana menteri hingga pejabat tinggi lainnya, yang diberitahu tentang kematian ratu.

Perdana menteri juga akan menjadi pejabat pemerintah pertama yang membuat pernyataan publik.

Sekretaris permanen kementerian harus memberi tahu menteri mereka, "Kami baru saja diberitahu tentang kematian Yang Mulia Ratu."

Bendera di Whitehall akan diturunkan menjadi setengah tiang setelah email dari sekretaris kabinet memberi tahu para menteri dan pegawai negeri senior: "Rekan-rekan yang terhormat, dengan sedih saya menulis untuk memberi tahu Anda tentang kematian Yang Mulia Ratu."

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved