Breaking News:

Berita Tabanan

Petugas Kesehatan Tabanan Layani Vaksinasi Penyandang Disabilitas dan ODGJ Secara Door to Door 

Proses vaksinasi massal untuk penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sudah dilakukan sejak Sabtu 4 September 2021 kemarin.

Penulis: I Made Prasetia Aryawan | Editor: Karsiani Putri
Shutterstock
Ilustrasi Vaksin Covid-19 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN-  Proses vaksinasi massal untuk penyandang disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sudah dilakukan sejak Sabtu 4 September 2021 kemarin.

Hanya saja, dari target 1.743 orang yang akan divaksinasi petugas kesehatan di Tabanan baru bisa menyasar 155 orang penyandang disabilitas.

Hal ini disebabkan karena sulitnya mobilitas mereka sehingga petugas berinisiatif akan melakukan vaksinasi door to door untuk mempercepat prosesnya.

Menurut, Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. Nyoman Suratmika, pihaknya telah melakukan vaksinasi untuk penyandang disabilitas danODGJ di Tabanan.

Hanya saja, pihak petugas kesehatan baru bisa melakukan pelayanan vaksinasi terhadap sebagian orang, yakni disabilitas ringan maupun sedang. 

Suratmika mengungkapkan, pihaknya masih kesulitan dalam mobilitas peserta sebab mereka terbatas.

Sehingga, agar lebih cepat menuntaskan proses vaksinasi ini petugas di masing-masing Puskesmas juga ada yang mengadakan vaksinasi secara door to door mendatangi ke rumah sasaran.

“Kita kesulitan karena kita ketahui Bersama mobilitas mereka kan terbatas sehingga petugas melakukan door to door, dan jika memang terpusat bisa dilakukan di Puskesmas yang lebih dekat,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu 5 September 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Tabanan, I Nyoman Gede Gunawan mengatakan hingga saat ini pihaknya terus berkoordinasi dan melibatkan pihak pihak sosial untuk membantu proses vaksinasi.

Hal ini bertujuan agar mempercepat proses vaksinasi bagi mereka penyandang disabilitas dan juga ODGJ.

Baca juga: Selain Penanganan Covid-19, Pemkab Tabanan Fokus Perbaiki Jalan di RAPBD Perubahan 2021

“Semua kita libatkan Sabtu kemarin, karena mereka ini membantu dalam hal registrasi, memapah peserta vaksin menuju lokasi vaksin,” kata Gunawan saat dihubungi terpisah.

Baca juga: Pelaksanaan SKD Pemkab Tabanan Digelar 6-12 Oktober 2021, Peserta Wajib Bawa Sertifikat Vaksin

Mantan Kadisdukcapil Tabanan ini melanjutkan, hingga saat ini sudah ada 155 orang penyandang disabilitas yang memperoleh layanan vaksinasi.

Namun sebenarnya, para pendamping masyarakat disabilitas seperti keluarga dan walinya yang belum vaksin juga langsung mendapatkan layanan di pos vaksinasi.

Setidaknya ada 39 orang pendamping yang ikut mendapatkan layanan vaksinasi ini.

Baca juga: Dinas Kesehatan Tabanan Sediakan 1.740 Dosis Vaksin Sinopharm Untuk ODGJ dan Disabilitas

“Pendamping ini tak lain pengasuh atau keluarga dari penyandang disabilitas atau ODGJ, bisa saja saat ada kegiatan vaksinasi baik di desa ataupun yang sifatnya serentak di sejumlah lokasi yang digelar mereka tidak bisa datang karena harus menjaga keluarganya ini,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved