Breaking News:

PROFIL Gubernur Bali I Wayan Koster: Biodata, Riwayat Pekerjaan, hingga Karier Politiknya

PROFIL Gubernur Bali I Wayan Koster: Biodata, Riwayat Pekerjaan, hingga Karier Politiknya

Editor: Widyartha Suryawan
Pemprov Bali
PROFIL Gubernur Bali I Wayan Koster: Biodata, Riwayat Pekerjaan, hingga Karier Politiknya 

TRIBUN-BALI.COM - Sebelum terpilih dan menjabat sebagai Gubernur Bali, karier politik I Wayan Koster cukup panjang.

Ia pernah melenggang ke Senayan mewakili Bali sebagai DPR RI selama tiga kali berturut-turut yakni pada Pemilu 2004, 2009, dan 2014.

Koster kemudian mencoba peruntungannya dengan bertarung sebagai kontestan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Bali tahun 2018.

Jalan Koster untuk menjadi orang nomor 1 di Bali berjalan mulus.

Gubernur Bali terpilih I Wayan Koster bersama wakilnya Tjokorda Ardana Sukawati melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018).
Gubernur Bali terpilih I Wayan Koster bersama wakilnya Tjokorda Ardana Sukawati melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Didampingi Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace sebagai wakilnya, Koster terpilih sebagai Gubernur Bali periode 2018-2023 menggantikan I Made Mangku Pastika yang telah menjabat selama dua periode.

Kebijakan-kebijakan Koster yang sering digaungkan saat menjabat sebagai Gubernur Bali antara lain terkait penguatan budaya Bali.

Dilansir dari laman disbud.baliprov.go.id, arah kebijakan dan program Pemerintah Provinsi Bali  di bawah kepemimpinan Koster tertuang dalam visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali.”

Selain dikenal sebagai politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan sudah belasan tahun berkiprah sebagai anggota DPR-RI di Senayan, ternyata Koster juga pernah berkecimpung di dunia pendidikan.

Ia bahkan pernah menjadi peneliti hingga dosen di berbagai universitas negeri maupun swasta sebelum terjun ke dunia politik.

Berikut adalah profil I Wayan Koster sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved