Breaking News:

Kerajaan Inggris

Ken Olisa Sebut Keluarga Kerajaan Inggris Dukung Gerakan Black Lives Matter

George Floyd adalah pria kulit hitam yang terbunuh pada Mei 2020 ketika seorang polisi Minneapolis, AS, berlutut di lehernya.

AFP/PETER NICHOLLS
Ratu Elizabeth II. 

TRIBUN-BALI.COM, LONDON – Keluarga kerajaan Inggris disebut mendukung gerakan Black Lives Matter (BLM).

Perwakilan senior Istana Buckingham, Lord-Lieutenant of London Ken Olisa, kepada Channel 4 News dalam sebuah wawancara menyampaikan bahwa Ratu Elizabeth II dari Inggris dan anggota keluarga kerajaan lainnya mendukung gerakan tersebut.

Olisa merupakan Lord-Lieutenant of London berkulit hitam pertama.

Jabatan tersebut merupakan perwakilan pribadi raja atau ratu Inggris di Greater London.

Dalam wawancaranya yang dilansir Reuters, Kamis 9 September 2021, Olisa mengatakan bahwa dia membahas topik rasialisme dengan para bangsawan Inggris mengenai gelombang protes yang dipicu oleh kematian George Floyd.

George Floyd adalah pria kulit hitam yang terbunuh pada Mei 2020 ketika seorang polisi Minneapolis, AS, berlutut di lehernya.

Kematiannya membangkitkan gerakan protes berskala besar atas banyaknya kematian orang kulit hitam yang tidak adil di tangan penegak hukum.

Gerakan BLM yang memperjuangkan kulit hitam lantas semakin populer saat itu. Ketika ditanya apakah Istana Buckingham mendukung BLM, Olisa menjawab, “Jawaban mudahnya iya.”

“(Ras) adalah topik pembicaraan yang hangat. Pertanyaannya adalah, apa lagi yang bisa kita lakukan untuk mengikat masyarakat untuk menghilangkan hambatan ini,” ujar Olisa.

Pada Maret keluarga kerajaan mendapat kecaman setelah istri Pangeran Harry, Meghan Markle, menuduh Istana Buckingham rasialis.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved