Breaking News:

Berita Badung

Positivity Rate di Badung Masih Tinggi, Dinkes Akui Banyak Warga yang Takut Dites Covid-19

Dinkes Badung mengaku ada beberapa faktor yang mengakibatkan belum bisa turun level PPKM, salah satunya positivity rate yang masih tinggi

Penulis: I Komang Agus Aryanta | Editor: Irma Budiarti
Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Kepala Dinas Kesehatan Badung dr. Nyoman Gunarta. Dinkes Badung mengaku ada beberapa faktor yang mengakibatkan belum bisa turun level PPKM, salah satunya positivity rate yang masih tinggi. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Dinas Kesehatan Badung mengaku ada beberapa faktor yang mengakibatkan Kabupaten Badung, Bali, belum bisa turun level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pasalnya saat ini angka positivity rate masih tinggi, meski kasus Covid-19 di Badung sudah landai.

Salah satu yang harus ditekan untuk penurunan status PPKM di Kabupaten Badung adalah angka positivity rate tersebut.

Untuk diketahui, angka positivity rate didapat dari jumlah total kasus positif Covid-19 , dibagi dengan jumlah orang yang dites saat tracing dan testing.

Masalahnya kini di lapangan yang terjadi banyak warga yang positif Covid-19 tidak bisa menyebutkan siapa yang diajak kontak erat.

Baca juga: Positivity Rate COVID-19 di Bali Melandai, Kapan Level PPKM Turun?

Selain itu beberapa warga yang di-swab saat tracing dan testing banyak yang tidak mau, berdalih tidak apa-apa.

Kepala Dinas Kesehatan Badung dr. Nyoman Gunarta saat dikonfirmasi, Minggu 12 September 2021, tak menampik hal tersebut.

Dirinya mengatakan, untuk menekan angka positivity rate ini dapat dilakukan dengan cara melaksanakan tracing dan testing sesuai standar yang telah ditentukan. 

"Angka positivity rate kita sampai saat ini masih di angka 15 persen. Namun semestinya sesuai dengan ketentuan, atau dikatakan baik adalah 5 persen," ujarnya.

Dirinya mengakui angka positivity rate merupakan perbandingan antara kasus positif Covid-19 dengan jumlah testing yang dilakukan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved