Breaking News:

Dilobi Menkes Budi Gunadi Sadikin, WHO Jadikan Indonesia Kandidat Pusat Vaksin Dunia

Menurut Menkes, Indonesia berada di posisi yang tepat untuk mengekspor vaksin ke seluruh dunia.

Editor: Bambang Wiyono
Dok. BNPB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Indonesia Budi Gunadi Sadikin sudah melakukan pembicaraan dengan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) untuk melakukan penanganan Covid-19, khususnya dari sisi vaksinasi.

Indonesia juga sedang dalam pembicaraan dengan enam perusahaan obat untuk menjadi pusat vaksin global.

Kepada Reuters, Menteri Kesehatan (Menkes) Indonesia Budi Gunadi Sadikin merinci strategi ambisius untuk pertama kalinya.

Baca juga: Vaksin Booster Berbayar Mulai Awal Tahun Depan, Bisa Beli di Apotek

Dia mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Indonesia akan memulai inisiatif, dengan memprioritaskan pembelian vaksin Covid-19 dari perusahaan yang berbagi teknologi dan mendirikan fasilitas di Indonesia.

"Kami bekerja sama dengan WHO untuk menjadi salah satu pusat manufaktur global untuk mRNA," ujarnya melansir Reuters pada Kamis (16/9/2021).

Budi mengaku telah melobi langsung Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam perjalanan awal bulan ini ke Eropa.

Baca juga: Jokowi: Kalau Kemenkes Tidak Kirim Vaksin, Bupati Langsung Telepon Saya

"WHO telah menunjuk Afrika Selatan sebagai lokasi pertama, dan saya mengatakan bahwa secara logis Indonesia harus menjadi yang kedua."

"Pusat transfer teknologi" yang baru adalah bagian dari strategi WHO untuk mendistribusikan produksi vaksin secara lebih luas secara global.

Strategi ini juga dibuat untuk membangun kapasitas di negara-negara berkembang, dalam membuat vaksin generasi baru seperti suntikan mRNA berbasis asam nukleat Moderna dan Pfizer, yang dapat dengan cepat diadaptasi untuk menangani virus baru varian.

Baca juga: Vaksin Covid Hasil Kerjasama Perusahaan RI dan China Akan Diproduksi di Indonesia, Luhut:Kami Dukung

Upaya untuk mengembangkan basis produksi vaksin Covid-19 di Afrika Selatan akan fokus pada upaya untuk meniru upaya Moderna.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved