Breaking News:

Berita Jembrana

Bhabinkamtibmas Hingga Polsek Negara Bersinergi Dengan Staf Kelurahan Membuat 'Kelabang'

Dalam membangun sinergitas dan kebersamaan bersama warga, Bhabinkamtibmas II Kel BB Agung, Polsek Negara,

Istimewa
Pembuatan kelabang oleh staf kelurahan BB Agung dan Bhabin BB Agung Polsek Negara. 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA- Dalam membangun sinergitas dan kebersamaan bersama warga, Bhabinkamtibmas II Kel BB Agung, Polsek Negara, Polres Jembrana membantu staf kelurahan dalam pembuatan anyaman daun kelapa tua (selepa) yang disebut Kelabang sebagai kelengkapan ritual umat Hindu, Jumat 17 September 2021.

Pembuatan Kelabang ini sebagai kegiatan awal mempersiapkan upacara Piodalan Padmasana di Kantor Kelurahan Baler Bale Agung yang jatuh pada hari, Selasa, 21 September (Anggara, Kasih), Purnama Kapat tahun 2021.

Kapolsek Negara, AKP I Gusti Made Sudarma Putra, mengatakan bahwa peran dan fungsi Bhabinkamtibmas untuk hadir di tengah masyarakat, menjalin komunikasi dengan warga sangat membantu dalam mewujudkan Kamtibmas yang kondusif dan sehat di tengah pandemi Covid-19.

Anggotanya, yakni Aiptu I Putu Budi Arnaya membantu untuk kegiatan 'Nuasanin Yadnya' (mengawali kegiatan), yang diawali dengan nanceb Surya, kemudian dilanjutkan dengan ngewangun bale Banten (tempat upakara), dan pembuatan kelengkapan lain, salah satunya pembuatan anyaman daun kelapa (kelabang).

Baca juga: SKD CPNS Jembrana Digelar, Bupati Jembrana Tamba Pantau Proses Pelaksanaan Tes

Baca juga: Lumba-lumba Terdampar di Pantai Pebuahan Jembrana, Kemungkinan Mati di Tengah Laut

“Ini merupakan sinergi antara bhabin dan kelurahan. Dan ada banyak jenis Kelabang yang dikenal di Bali yang kesemuanya mempunyai makna dan fungsi masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Bhabin BB Agung Aiptu I Putu Budi Arnaya mengatakan, ada beberapa jenis Kelabang yang dikenal di Bali, keseluruhan mengandung makna dan fungsinya sendiri yang dalam prakteknya sebagai uperengga upacara Yadnya.

Baca juga: Soal Dana Bantuan Politik Parpol, Bupati Jembrana: Dari Rp 5.000 Jadi Rp 5.500/Suara, Itu Realistis

Baca juga: Upaya Percepatan Vaksinasi di Jembrana, Sebanyak Tujuh Bumil Disasar Vaksinasi Door to Door 

Kebetulan saat ini pihaknya membuat Kelabang Mantri sebagai fungsi untuk 'Ngilangin Sarwa Leteh' atau menghalangi energi buruk dalam pelaksanaan Yadnya.

“Ini sebagai bentuk untuk menangkal energi buruk,” jelasnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved