Berita Bali

Aturan Ganjil-Genap di Pantai Sanur dan Kuta Bali Akan Mulai Diterapkan Akhir September 2021

Aturan ganjil-genap di Pantai Sanur dan Kuta Bali akan mulai diterapkan akhir September 2021

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Irma Budiarti
Tribun Bali/Rizal Fanany
FOTO ILUSTRASI. Kementerian Perhubungan Darat memasang baliho LED pemberlakuan ganjil-genap jelang Annual Meeting IMF-WB 2018, di Jalan By Pass Ngurah Rai (dekat Tugu Ngurah Rai), Badung, Senin 7 Oktober 2018. Aturan ganjil-genap di Pantai Sanur dan Kuta Bali akan mulai diterapkan akhir September 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Aturan ganjil-genap di Pantai Sanur dan Kuta Bali akan mulai diterapkan akhir September 2021.

Dinas Perhubungan Provinsi Bali akan menerapkan sistem ganjil-genap di Bali untuk kendaraan yang masuk ke kawasan wisata Pantai Sanur Kota Denpasar dan Pantai Kuta Kabupaten Badung.

Kebijakan sistem ganjil-genap ini diperkirakan akan dilakukan mulai pekan depan atau akhir September 2021.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, IGW Samsi Gunarta mengatakan, kebijakan ini akan diberlakukan untuk menindaklanjuti arahan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarajat (PPKM) Level 3.

Juga mengantisipasi terjadinya gelombang kejut (shock wave) karena mulai dibukanya daerah tujuan wisata (DTW) di Bali.

Baca juga: Dishub Denpasar Minta Ada Kajian Soal Rencana Penerapan Ganjil Genap di Sanur, Sriawan: Urgensinya Apa

“Tujuan dari pengaturan ini adalah mengendalikan dan mengatur fluktuasi kunjungan DTW, memastikan terjadinya pelonggaran secara bertahap.

Sehingga kerumunan dapat dihindarkan,” ujar Samsi Gunarta dalam siaran pers yang diterima, Sabtu 18 September 2021.

Samsi mengatakan, untuk mengantisiasi hal itu, pihaknya mengadakan rapat tentang rencana pengaturan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap di Bali, beberapa hari lalu.

Rapat diikuti oleh jajaran penegakan hukum Satgas Covid-19 Provinsi Bali yang terdiri atas Ditlantas Polda Bali, Dishub Provinsi Bali.

Juga Disub Kota Denpasar, Dishub Kabupaten Badung, BPBD Provinsi Bali, pimpinan Satpol PP Provinsi Bali, Satpol PP Kota Denpasar, dan Satpol PP Kabupaten Badung.

“Pengaturan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor akan dilaksanakan di DTW Pantai Sanur dan Pantai Kuta.

Ini berlaku di semua jalan akses ke Pantai Sanur dan jalan akses ke Pantai Kuta yang diawasi secara langsung oleh Satgas Gotong Royong dengan pendampingan dari jajaran Polda Bali, Dishub, dan Satpol PP,” kata Samsi.

Samsi mengatakan, aturan ganjil genap menyesuaikan antara angka nomor terakhir pelat nomor kendaraan dengan tanggal kalender.

Apabila pada Sabtu tanggal ganjil, maka hanya kendaraan dengan angka terakhir ganjil pada pelat nomor kendaraan diperbolehkan lewat/masuk.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved